Tetaplah berusaha! 3 pahala bekerja dalam Islam, termasuk dosa dihapus

Dalam mencukupi kebutuhannya, manusia pastinya akan berusaha dan bekerja keras untuk memenuhinya. Tentunya dengan bekerja, baik itu serabutan ataupun pekerjaan lain yang menghasilkan pundi-pundi rezeki. Tak lupa pula untuk selalu sisipkan doa di balik kerja kerasmu. Insha Allah akan ada aliran pahala di setiap tetes keringat dan usahamu. Berikut ini tiga pahala bekerja yang perlu kalian tahu.

Dosa diampuni sepanjang hari

“Barangsiapa pada malam hari merasakan kelelahan dari upaya keterampilan kedua tangannya pada siang hari. Maka pada malam itu ia diampuni oleh Allah” (HR Ahmad).

Hadist menjelaskan gambaran orang yang bekerja keras setiap harinya, insha Allah akan mendapat ampun dari Sang Khalik sepanjang hari. Karena telah berusaha mencukupi segala kebutuhan dengan bekerja keras dan pastinya halal tentunya.

Baca juga: Memahami hakikat bekerja sebagai sarana ibadah

Mendapat keberkahan hidup

Ilustrasi keberkahan hidup yang digambarkan dari keluarga sederhana ini. Foto: Google

Rezeki sudah diatur dari Sang Maha Kuasa. Kita sebagai umatNya wajib bersyukur berapa pun jumlahnya. Hal ini bertujuan agar setiap kerja kerasmu tidak menghasilkan materi saja, tetapi mendapatkan keberkahan hidup.

لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيْدَنَّكُمْ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيْدٌ…

Artinya: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu…… “.(QS. Ibrohim : Ayat 7)

Mendapat pahala melewati ujian

Dalam kehidupan pastinya akan ada ujian yang akan dihadapi, termasuk dalam pekerjaan yang sedang dijalani. Maka dari itu, hadapilah ujian tersebut dengan sabar dan anggaplah sebagai suatu karunia. Hal ini bertujuan untuk menguatkan kita agar selalu bisa mengarungi kerasnya kehidupan.

Berkah hidup
Berkah hidup

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS. Al Baqarah ayat 155)

Baca Lainnya

Roger Danuarta belajar sholat dan ngaji atas nasihat ibunda non muslim

Baru-baru ini Roger Danuarta menceritakan perjalanan spiritualnya hingga mantap menjadi seorang muslim. Hal itu diceritakannya bersama istri, Cut Meyriska dalam kanal YouTube Ussy Andhika. Butuh...

Asal mula masuknya Abu Bakar As-Siddiq ke agama Islam

Abu Bakar As-Siddiq adalah salah seorang sahabat nabi yang termasuk dalam As Sabiqun Al Awalun, atau orang-orang yang pertama kali masuk Islam. Beliau memiliki nama...

Kisah Julaibib ra, sahabat yang sangat dicintai Rasulullah

Rasulullah SAW pernah bersabda, "Sesungguhnya Allah tidak melihat pada bentuk rupa dan harta kalian. Akan tetapi, Allah hanyalah melihat pada hati dan amalan kalian."...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here