5 Cara untuk menghilangkan sifat dendam, salah satunya berpikir positif

5 Cara untuk menghilangkan sifat dendam, salah satunya berpikir positif

Dendam memang sesuatu yang dapat memuasakan nafsu sesaat, walaupun dampaknya akan kerasa ketika kita sudah melampiaskannya. Maka dari itu kita sebagai manusia haruslah mengendalikan hawa nafsu. Berikut ini ada berbagai cara dalam menghilangkan sifat dendam yang harus kamu tahu.

Memaafkan dan menerima dengan lapang dada

Dengan memaafkan apa yang telah mereka perbuat kepada kita, itu menunjukkan bahwasannya kamu dapat menahan hawa nafsu seperti amarah, yang seharusnya dapat dilampiaskan. Allah SWT berfirman daalm surat Asy Syuraa dan Al A’raf:

“Barangsiapa yang memberi maaf dan melakukan kebaikan, maka pahalanya di sisi Allah.” (QS. Asy Syuraa ayat 40)

“Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan kebajikan serta berpalinglah dari orang-orang yang bodoh.” (QS. Al A’raf ayat 199)

Jadi ketika amarah sudah mulai merasuki tubuh, maka sebaiknya untuk mengikuti anjuran sunnah rasul, yakni dengan berwudhu.

Berpikir positif

Dengan berpikir positif, hal ini dapat membantu kamu dalam memaknai keinginan Allah SWT. Di mana Allah ingin memahami semua hikmahnya. Bisa jadi keburukan yang terjadi kepadamu merupakan cara Allah untuk mengangkat derajat hamba-Nya ataupun cara menggugurkan dosa-dosa yang pernah kamu buat selama ini.

Sibukkan diri dengan hal-hal bermanfaat

Gunakan waktu yang kamu punya untuk mengerjakan hal-hal yang dirasa bermanfaat. Tak lupa juga untuk mengingat kebaikannya walaupun hal-hal kecil. Hal ini dapat mengurangi perasaan kesal dan perlu diingat, setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan.

Baca juga: Akhlak mulia Rasulullah sebagai teladan, di antaranya tidak mendendam

Jangan hanya ingat keburukannya

Selain dapat memperkeruh suasana hati, juga menimbulkan dendam yang berkepanjangan. Karena manusia pasti pernah melakukan kebaikan kepada kita, walaupun pastinya juga pernah melakukan kesalahan. Jadi tak pantas jika hanya mengingat keburukan semata hingga luntur dengan kebaikan yang telah mereka perbuat.

Balaslah dengan kebaikan

Jika memang dia pernah melakukan kesalahan kepadamu, maka bersabarlah dan tak perlu membalas sama sepertinya. Cukup lakukan kebaikan kepadanya jika memang dapat membuatnya luluh suatu saat. Allah berfirman dalam surat Al Fushilat ayat 34:

“Balasalah keburukan itu dengan yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang tadinya antara kamu dan dia ada permusuhan menjadi seolah-olah seperti teman yang dekat.” (QS. Fushilat ayat 34)

Itulah tadi beberapa cara dalam menghilangkan sifat dendam yang perlu kalian tahu. Semoga bermanfaat. (CTH)

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Muslima

Baca Lainnya

Dihujat bertubi-tubi, Atta Halilintar: Nabi ku ajarkan balas dengan kebaikan

Semakin tinggi pohon, semakin kencang pula anginnya. Rasanya pepatah itu pas buat menggambarkan kehidupan Atta Halilintar. Tak hanya menerima sanjungan atas prestasinya sebagai YouTuber...

Sepatu flat sekarang banyak macamnya dan gak boring

Sebagian besar ulama masih memperdebatkan masalah halal haram tentang sepatu hak tinggi. Hanya saja ulama berpendapat bahwa hukumnya adalah makruh. Sedangkan sisanya adalah haram....

Adab puasa yang baik dan perlu dijaga oleh orang muslim

Puasa juga merupakan salah satu ibadah. Dalam syari'at ajaran Agama Islam tentunya setiap ibadah memiliki adab - adabnya. Adapun urgensi menjaga adab dalam beribadah...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here