Asal mula masuknya Abu Bakar As-Siddiq ke agama Islam

Asal mula masuknya Abu Bakar As-Siddiq ke agama Islam

Abu Bakar As-Siddiq adalah salah seorang sahabat nabi yang termasuk dalam As Sabiqun Al Awalun, atau orang-orang yang pertama kali masuk Islam.

Beliau memiliki nama lengkap Abdullah bin Abu Quhafah. Beliau terlahir pada tahun 573 di Mekah dari suku Quraisy, Bani Taim. Suku Quraisy adalah keturunan dari Nabi Ibrahim as yang tinggal di Mekah dan sekitarnya.
Sayang sekali seiring dengan waktu, kaum keturunan Nabi Ibrahim as tersebut kembali menyembah berhala.

Mimpi Abu Bakar As-Siddiq

Pada waktu itu Abu Bakar adalah seorang pedagang. Beliau sedang Berdagang di negeri Syam.

Pada saat tertidur Abu Bakar bermimpi melihat bulan dan matahari jatuh ke pangkuannya keduanya Kemudian beliau bungkus dengan jubah beliau.
Mimpi tersebut sangat berkesan kepada Abu Bakar, sehingga saat terbangun beliau menemui seorang rahib nasrani untuk menanyakan artinya.

Rahib itu tidak langsung menjawab pertanyaan Abu Bakar, namun malah balas menanyakan asal Abu Bakar dari mana kabilah apa dan apa pekerjaannya saat itu.

Abu Bakar menjawab,” aku datang dari kota Mekah, kabilah ku adalah Taim dan aku seorang pedagang.”

Mendengar jawaban itu wajah sang rahib menjadi cerah. “Di tempatmu muncul seorang nabi dari Bani Hasyim yang bernama Muhammad Al Amin.
Beliau adalah nabi terakhir dari zaman.
karena beliau lah Allah menciptakan bumi beserta segala isinya.
kamu akan masuk Islam dan menjadi sahabat setianya serta kelak saat beliau wafat, kau akan menjadi khalifah yang pertama.” Demikian tafsir dari mimpi sayyidina Abu Bakar tadi.

“Ciri-ciri Nabi terakhir tadi tertera pada 3 kitab samawi, yaitu Taurat, Zabur dan Injil.” Demikian lanjut sang pendeta.

Mendengar kata-kata sang rahib sayyidina Abu Bakar sangat senang sekali. Beliau langsung ingin segera pulang kembali ke Mekah dan menjumpai Rasulullah.

Masuk agama Islam karena petunjuk mukjizat

Bersujud dalam Islam. Foto: Instagram

Sesampai di Mekah setiap hari Abu Bakar menemui Rasulullah. Tak ada satu hari pun yang terlewatkan tanpa beliau menemui sang Nabi. Beliau dapat melihat sendiri sifat-sifat baik Rasulullah yang diceritakan oleh pendeta, semakin mantab lah perasaan sayyidina Abu Bakar.

Sampai suatu hari Rasulullah bertanya :”Wahai Abu Bakar, engkau setiap hari datang ke sini dan duduk di sini bersamaku. Mengapakah engkau tidak masuk Islam?”

Sayyidina Abu Bakar menjawab, “Seandainya engkau seorang Nabi, maka engkau pasti memiliki mukjizat.” Masih ada saja keraguan di hati sayyidina Abu Bakar.

Nabi Muhammad SAW menjawab, “Apakah belum cukup kejadian yang kamu lihat di Syam dan tafsir yang diberikan oleh pendeta itu, tentang khabar keislaman?”

Sayyidina Abu Bakar sangat terkejut, mimpi yang yang dialaminya waktu di Syam serta tafsir yang diberikan oleh pendeta itu, belum pernah sekalipun beliau ceritakannya kepada orang lain. Bagaimana Rasulullah bisa mengetahuinya.

Maka saat itu juga sayyidina Abu Bakar membaca dua kalimat syahadat dan masuk Islam. Beliau menjadi sahabat baik Rasulullah, bahkan menikahkan putrinya dengan Rasulullah, sehingga hubungan beliau sangat erat sekali.

Kelak banyak tokoh-tokoh yang dipengaruhi sayyidina Abu Bakar untuk masuk Islam.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Muslima (TCT)

Baca Lainnya

Dihujat bertubi-tubi, Atta Halilintar: Nabi ku ajarkan balas dengan kebaikan

Semakin tinggi pohon, semakin kencang pula anginnya. Rasanya pepatah itu pas buat menggambarkan kehidupan Atta Halilintar. Tak hanya menerima sanjungan atas prestasinya sebagai YouTuber...

Gamis Korea, cocok bagi generasi muslimah milenial

Menggunakan busana meskipun sudah sesuai syariat Islam juga tidak boleh terlihat lusuh. Muslimah tetap perlu untuk update terhadap busana yang ada supaya bisa tampil...

Adab puasa yang baik dan perlu dijaga oleh orang muslim

Puasa juga merupakan salah satu ibadah. Dalam syari'at ajaran Agama Islam tentunya setiap ibadah memiliki adab - adabnya. Adapun urgensi menjaga adab dalam beribadah...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here