Awas! Bahaya penyakit hati menurut Agama Islam

Hati merupakan salah satu organ tubuh dalam diri manusia. Dalam pandangan Islam, hati adalah penentu sifat seseorang. Isi hati menentukan baik buruknya seseorang. Dalam bahasa Arab, hati disebut sebagai qalbu. Di dunia ini bahkan kita tidak asing mendengar tentang hubungan hati dengan perasaan seseorang. Betul sekali, hati adalah sebagai sumber tempat lahirnya perasaan seseorang. Oleh karena itu, dahulu dalam kisah Nabi Muhammad SAW ketika isra’ mi’raj, agar hati beliau terjauhkan dari penyakit hati dan segala perasaan yang buruk ketika bertemu dengan Allah SWT, hati beliau dibersihkan terlebih dahulu oleh Malaikat Jibril.

Hati juga bisa memunculkan perasaan yang buruk, karena dalam hati juga bersemayam syaitan yang selalu membisikkan hal – hal buruk kepada manusia. Oleh karena itu perbuatan manusia yang buruk, tentu awalnya berasal dari kata hati yang bersumber dari bisikan syaitan.

penyakit hati
penyakit hati. foto: dictio community.

Memahami penyakit hati dan jenisnya menurut Agama Islam

Penyakit hati merupakan penyakit atau gangguan yang terjadi pada hati atau perasaan seseorang.

Penyakit ini menurut Agama Islam bukanlah penyakit yang menyerang organ tubuh hati seperti liver dan sejenisnya. Akan tetapi penyakit ini menurut Islam adalah segala bentuk hal yang berada dalam perasaan manusia yang bisa menimbulkan perilaku – perilaku buruk.

Misalnya ketika orang lain mendapat nikmat yang luar biasa, syaitan membisikkan hal buruk dalam hati perasaan manusia yang menimbulkan sifat iri dan dengki. Inilah yang dimaksud penyakit hati dalam Agama Islam.

Dalam Al – Qur’an surat At – Taubah ayat 125, Allah SWT berfirman tentang penyakit ini. Bahwasanya penyakit ini bisa membawa seorang muslim dalam kekafiran dan bisa menyebabkan mati dalam keadaan kafir. Naudzubillah min dzaalik betapa bahayanya penyakit ini.

Baca juga : Mudahnya menjadi seorang pemaaf

Oleh karena itu, sebagai seorang muslim harus selalu waspada dengan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan untuk mencegah sifat tersebut.

Beberapa penyakit hati yang perlu diwaspadai agar kita mengerti, diantaranya adalah: riya, iri dan dengki, sifat sombong, sifat kikir atau pelit, dan ujub.

Baca Lainnya

Roger Danuarta belajar sholat dan ngaji atas nasihat ibunda non muslim

Baru-baru ini Roger Danuarta menceritakan perjalanan spiritualnya hingga mantap menjadi seorang muslim. Hal itu diceritakannya bersama istri, Cut Meyriska dalam kanal YouTube Ussy Andhika. Butuh...

Asal mula masuknya Abu Bakar As-Siddiq ke agama Islam

Abu Bakar As-Siddiq adalah salah seorang sahabat nabi yang termasuk dalam As Sabiqun Al Awalun, atau orang-orang yang pertama kali masuk Islam. Beliau memiliki nama...

Kisah Julaibib ra, sahabat yang sangat dicintai Rasulullah

Rasulullah SAW pernah bersabda, "Sesungguhnya Allah tidak melihat pada bentuk rupa dan harta kalian. Akan tetapi, Allah hanyalah melihat pada hati dan amalan kalian."...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here