Awasi anakmu demi kebaikanmu dan kebaikannya di masa depan

Muslimah mendidik anak perempuan dengan baik. Foto; Pexels
Muslimah mendidik anak perempuan dengan baik. Foto; Pexels

Anak memiliki hak atas orang tua. Bagi orang tua wajib dengan memenuhi tanggung jawabnya terhadap anak-anaknya. Lantas, apa  saja tanggung jawab orangtua terhadap anaknya?

Tanggung jawab orangtua terhadap anak

Diantara tanggung jawab orangtua terhadap anaknya adalah dengan memenuhi segala kebutuhan anaknya seperti makan minum pakaian dan segala kebutuhan pokok lainnya. Tidak lupa dengan merawat dan mengasuhnya dengan baik. Kemudian orangtua memiliki tugas kepada anaknya dengan mengarahkannya pada akhlak yang terpuji, sikap yang baik dan perbuatan yang bagus terhadap sesama. Selain itu, tugas orangtua juga menjaga anak-anak mereka agar jangan sampai melakukan perbuatan yang yang buruk seperti buruk akhlaknya dan perangai serta perbuatan-perbuatan buruk lainnya.

Berlaku adil terhadap sesama anak

Ingatlah, bahwa ketika orangtua memberi sesuatu kepada mereka, maka jangan lupa adil dalam membaginya. Jangan ada yang perlu diprioritaskan antara satu dengan yang lainnya, jangan menyayangi yang satu dan selalu mengabaikan anaknya yang lain. Dengan demikian Orangtua harus berlaku adil dan merata terhadap segala hal yang diberikan kepada anaknya.

Tanggung jawab tugas penting bagi orangtua

Yang paling penting tugas orangtua adalah mendidik anaknya untuk berlaku sopan terhadap orang lain, memberikan bekal pengetahuan yang cukup dan bekal agama yang mendalam. Dengan tujuan agar mereka terbiasa untuk mencintai kebaikan dan mengetahui tentang kebenaran serta dapat menghormati ajaran-ajaran agama.

Selalu ingat, barangsiapa apa yang lalai terhadap pendidikan anak, dengan menanamkan benih rakus terhadap dunia dan tanpa membekali anak dikit pun mengenai ilmu agama. Lalu anak tadi berani kepada orang tuanya, maka janganlah menyesal kecuali pada dirinya sendiri.

Peringatan bagi orangtua

Sebagai orangtua hendaknya tidak perlu untuk terlalu menuntut terhadap anaknya. Tidak boleh selalu merasa paling berkuasa terhadap anaknya. Coba berikanlah sedikit kebebasan untuk berpikir terhadap anak dan jangan dikekang. Cobalah untuk menjadi orangtua yang bijaksana dan mau menghargai pendapat orang lain termasuk kepada yang lebih muda. Ingatlah, bahwa rambut bisa sama tetapi isinya siapa yang tau. Perlu kita ketahui bahwa zaman ini senantiasa berubah-ubah, tidak ada zaman yang tiada gelombang. Maka, alangkah lebih baiknya sebagai orangtua tentu lebih mengetahui tentang putaran zaman ini.

Menjadi sebuah nasihat bagi orangtua maupun calon orangtua. Memberikan pendidikan dan pengetahuan yang baik bagi anak sangatlah wajib, apalagi pengetahuan soal agama. Karena anak memiliki tugas untuk meneruskan sujud orangtuanya selama ia di dunia.

Referensi

Habib Abdullah bin Alawi Al-Haddad. Qudsi Media (2015). Menjadi Manusia Paling Beruntung.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Muslima (TCT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here