Ayat Kursi, ayat paling agung dan mulia dalam Al-Qur’an

ayat seribu dinar
ayat seribu dinar. Foto: Instagram.

Ayat kursi salah satu lafadz yang terdapat dalam Al-Qur’an dari surah Al-Baqarah ayat 255 yang sangat agung. Pada suatu malam setelah peristiwa hijrah, ayat tersebut diturunkan di Madinah. Karena kemuliaan dan kebesaran firman Allah SWT tersebut,.hingga pada saat diturunkan beribu-ribu malaikat turut serta mengiringi ayat tersebut.

Menurut riwayat Muhammad bin Al-Hanafiyyah, bahwasanya ketika ayat tersebut diturunkan, seluruh berhala yang ada di bumi ini saling berjatuhan, saat malaikat mengiringnya pun ikut bersujud, mahkota-mahkota para pembesar saling berjatuhan dan para penguasa menjatuhkan wajah-wajah mereka ke bumi, serta para syaitan saling berlarian, kepanasan dan merasa takut.

Makna dari kata “Kursi” pada ayat kursi merupakan suatu pondasi hukum-hukum atau kebijakan Allah SWT, selain itu juga sebagai simbol dari kekuasaan yang dimiliki-Nya. Diturunkan ayat tersebut dengan dapat memberikan petunjuk atas sifat-sifat ke-Tuhan-an Allah SWT secara mutlak. Lalu, apa saja keutamaan ayat kursi ?

Keutamaan ayat kursi

Ayat paling agung dalam Al-Qur’an

Ayat kursi merupakan ayat paling agung dalam Al-Qur’an, sebagaimana dalam sabda Rasulullah SAW:

Dari Ubay yaitu bin Ka’ab, sesungguhnya Nabi sallallahu’alaihi wa sallam bertanya kepadanya tentang ayat apakah yang paling agung dalam Kitabullah, beliau menjawab, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih mengetahui.” Beliau ulang pertanyaannya beberapa kali. Kemudian dia menjawab, “Ayat kursi.” Maka beliau mengatakan, “Selamat bagi anda wahai Abu Mundzir dengan ilmu anda. Demi yang jiwaku yang ada di tangan-Nya. Sesungguhnya (ayat Kursi) mempunyai mulut dan dua bibir yang disucikan para Malaikat di kaki Arsy.” (HR. Muslim)

Ayat paling mulia dan utama

Ayat kursi memiliki isi dan kandungan sangat mengagumkan, ditunjukkan dengan diturunkannya ayat kursi dari pengawalan beribu-ribu malaikat. Ketika ada seseorang yang membaca ayat tersebut, maka malaikat akan memberikan hormat kepadanya.

Dari Rabiah bin Harits, Rasulullah SAW bersabda: ” Wahai Rasul surat Al-Quran mana yang paling utama ? Rasulullah saw menjawab ” Surat yang di dalamnya disebut Al-Baqarah. Beliau ditanya lagi” Ayat mana dari Surat Al-Baqarah yang paling utama ? Rasulullah saw menjawab ” Ayat Kursi dan akhir surat Al-Baqarah yang turun langsung dari bawah Arsy” 

Diberikan perlindungan dan pengamanan bagi hamba-hambaNya

Bagi mereka yang membaca ayat kursi, maka Allah SWT menjanjikan perlindungan serta pengamanan untuk mereka. Sehingga dapat terhindar dari segala bentuk gangguan dan kejatahan yang berasal dari syaitan maupun jin. Sebagaimana dalam sabda Rasulullah SAW :

Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat Kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi” (HR. Al-Bukhari)

Ayat yang paling diberkahi

Ayat kursi merupakan ayat yang paling diberkahi dalam Alquran. Apabila kita membacanya maka akan diberikan keberkahan dan juga dapat terhindar segala bentuk kesulitan.

Rasulullah SAW bersabda :

Ayat kursi merupakan ayat yang diberkahi, tidak ada yang membukakan kesulitan, menyingkirkan bencana dan menghilangkan kesedihan lebih cepat daripada ayat kursi.“ (HR. Imam Abu hamid Bin Muhammad Al-Gozhali)

Nah, itu tadi beberapa keutamaan dari ayat kursi. Semoga bermanfaat.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Muslima (TCT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here