Bang Tigor pernah murtad lalu mualaf, UAS sampaikan hukumnya

Tidak banyak yang tahu kalau komedian Bang Tigor dulunya non muslim lalu menjadi seorang mualaf. Tapi setelah itu, dia sempat keluar dari Islam sebelum akhirnya memeluk Islam kembali. Dia pun menanyakan perihal pengalaman hidupnya itu kepada Ustaz Abdul Somad atau akrab disapa UAS. Bagaimana tanggapan UAS?

Pertanyaan Bang Tigor soal mualaf

Bang Tigor pernah beberapa kali berpindah keyakinan. Dia awalnya seorang Nasrani, kemudian masuk Islam, tapi kembali lagi ke Nasrani. Kini Bang Tigor kembali menjadi mualaf. “Saya ini pernah Islam, balik ke Kristen, balik ke Islam lagi. Hehehe. Itu gimana pak ustaz?” tanyanya, dikutip dari Instagram @ustadzabdulsomad_official, Selasa, 26 Januari 2021.

Pertanyaan komedian bernama Sumaisy Djaitov Yanda itu disampaikan kepada Ustaz Abdul Somad saat kajian bersama sejumlah komedian yang tergabung dalam Seniman Komedi Indonesia atau PASKI. Dalam kesempatan itu, beberapa komedian Tanah Air mempertanyakan seputar ilmu agama kepada UAS.

Tanya jawab antara Bang Tigor dan UAS. Foto: YouTube

UAS doakan Bang Tigor istikamah

UAS menjawab pertanyaan Bang Tigor tentang berkali-kali berpindah keyakinan. “Innalladzina amanu, beriman, summa kafaru, murtad, summa amanu, kemudian beriman, summa kafaru, murtad, summazdadu kufran. Maka barulah tidak diterima,” ujar Ustaz Abdul Somad.

Lebih lanjut, UAS menjelaskanya lebih rinci. “Jadi kalau Islam, setelah itu dia murtad, balik lagi ke Islam, maka dia diterima.”

Ustaz Abdul Somad dalam unggahannya di Instagram mencantumkan kutipan dari Surat an-Nisa. Allah -Subhanahu wa ta’ala- berfirman: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman lalu kafir, kemudian beriman (lagi), kemudian kafir lagi, lalu bertambah kekafirannya, maka Allah tidak akan mengampuni mereka, dan tidak (pula) menunjukkan kepada mereka jalan (yang lurus).” (Surat an-Nisa’, ayat 137)

Lalu, UAS juga mendoakan Bang Tigor selamanya dapat menjaga iman Islam. “Oleh sebab itu, mudah-mudahan Bang Tigor istikamah dalam iman dan Islam,” ucapnya.

Mendengar itu, Bang Tigor meyakinkan kalau kini keyakinannya sudah mantap. Ia pun sudah pergi ke Tanah Suci. “Tapi saya sudah tetap sekarang. Saya sudah umrah, di jalan yang benar,” tutup Bang Tigor.

Baca Lainnya

Roger Danuarta belajar sholat dan ngaji atas nasihat ibunda non muslim

Baru-baru ini Roger Danuarta menceritakan perjalanan spiritualnya hingga mantap menjadi seorang muslim. Hal itu diceritakannya bersama istri, Cut Meyriska dalam kanal YouTube Ussy Andhika. Butuh...

Asal mula masuknya Abu Bakar As-Siddiq ke agama Islam

Abu Bakar As-Siddiq adalah salah seorang sahabat nabi yang termasuk dalam As Sabiqun Al Awalun, atau orang-orang yang pertama kali masuk Islam. Beliau memiliki nama...

Kisah Julaibib ra, sahabat yang sangat dicintai Rasulullah

Rasulullah SAW pernah bersabda, "Sesungguhnya Allah tidak melihat pada bentuk rupa dan harta kalian. Akan tetapi, Allah hanyalah melihat pada hati dan amalan kalian."...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here