Belajar banyak agama, Marcell Siahaan pilih Islam: Allah Maha Kokoh

Belajar banyak agama, Marcell Siahaan pilih Islam: Allah Maha Kokoh

Penyanyi Marcell Siahaan menceritakan perjalanan spiritualnya hingga mantap menjadi seorang mualaf. Mengaku sudah belajar banyak agama sejak kecil, dia mantap memilih iman Islam.

Dia banyak melihat dan mempelajari Islam dari orang-orang terdekatnya, seperti istri dan kakak angkatnya. Simak yuk, kisah Marcell Siahaan dalam memeluk Islam.

Sempat agnostik

Marcell Siahaan mengaku kalau dulunya seorang agnostik. Paham agnostik bisa diartikan seseorang tidak meyakini keberadaan Tuhan. Meski begitu, dia mengaku menyaksikan berbagai acara umat beragama.

“Jadi dulu waktu gue kecil, waktu gue agnostik itu. Di TVRI itu ada beberapa acara, mimbar agama Islam, Katolik, Buddha, Hindu sama kepercayaan ketuhanan yang maha esa. Itu dulu ada lima acaranya di TVRI,” katanya, dikutip dari kanal YouTube Daniel Mananta Network.

Marcell Siahaan. Foto: Instagram

Di antara semua acara tersebut, Musabaqah Tilawatil Quran jadi salah satu acara favoritnya. “Itu kompetisi ngaji dengan suara yang indah. Itu gue suka banget.”

Dia tumbuh di keluarga dengan keyakinan yang berbeda-beda. Meski masih agnostik, Marcell melihat berbagai ibadah. “Itu jaman-jaman gue agnostik, itu yang gue lakukan dulu. Gue juga liatin tante gue yang agamanya lain,” ungkapnya.

Mulai mengenal Islam

Kemudian, Marcell mengenal Islam dari kakak angkatnya.”Jadi dulu gue punya orang deket, jadi anak yang diangkat anak jadi kakek gue. Dia yang mengazani kakek gue saat meninggal. Jadi pas dia salat, gue liatin, gue duduk di sampingnya. Gue ikutin.

Dia kemudian mempelajari Islam untuk mendapat pemahaman lebih. “Gue mempelajari Islam. Gue suka dengan sesuatu ini kenapa yah begini, ini kenapa kok begini. Karena, kenapa? Gue enggak mau jadi orang yang takut sama sesuatu yang enggak gue ngerti.”

Marcell dan istri, Rima Melati. Foto: Instagram

Marcell lalu bertemu dengan istrinya, Rima Melati Adams yang merupakan seorang muslim. “Terus gue dapat kesempatan ketemu banyak temen, banyak orang. Gue ketemu Rima, dia menunjukkan cara dia beribadah dan dia muslim. Dan gue nyaman sekali. Makan bareng, buka puasa bareng, walaupun gue bukan muslim,” ucapnya.

Alasan menjadi mualaf

Setelah mengalami proses pencarian dan belajar, akhirnya Pelantun Takkan Terganti ini kemudian mantap memeluk Islam. Sejak menjadi seorang muslim, dia merasa menjadi pribadi yang lebih berguna bagi keluarga dan orang sekitar. “Gue nyaman, gue seneng, gue yakin bahwa segala sesuatu harus ada titiknya. Itu aja. Dan gue merasa bisa berbuat banyak hal. Menjadikan diri gue sesuatu yang berguna bagi banyak orang. Jadi bukan hanya pencapaian spiritual buat diri gue, tapi pencapaian spiritual eksternal,” jelasnya.

Selain itu, Islam membuatnya merasa lebih ikhlas.”Melihat banyak hal itu lo harus bener-bener, dalam kondisi yang lo harus berserah, ikhlas gitu. Dan menurut ajaran yang gue jalanin sekarang ini ya, apa pun itu adalah hal yang membuat gue jadi bisa lebih ikhlas dalam melihat segala hal.”

Dia pun menyampaikan kekagumannya pada Sang Maha Pencipta “Dia (Allah SWT) itu menjadi sesuatu yang maha kokoh sekaligus at the same time sesuatu yang paling lovable, menurut gue. Dia cantik dan agung pada saat yang bersamaan. Dia sesuatu yang jalal dan jamal di saat yang sama,” tutur Marcell Siahaan.

Baca Lainnya

Dihujat bertubi-tubi, Atta Halilintar: Nabi ku ajarkan balas dengan kebaikan

Semakin tinggi pohon, semakin kencang pula anginnya. Rasanya pepatah itu pas buat menggambarkan kehidupan Atta Halilintar. Tak hanya menerima sanjungan atas prestasinya sebagai YouTuber...

Sepatu flat sekarang banyak macamnya dan gak boring

Sebagian besar ulama masih memperdebatkan masalah halal haram tentang sepatu hak tinggi. Hanya saja ulama berpendapat bahwa hukumnya adalah makruh. Sedangkan sisanya adalah haram....

Adab puasa yang baik dan perlu dijaga oleh orang muslim

Puasa juga merupakan salah satu ibadah. Dalam syari'at ajaran Agama Islam tentunya setiap ibadah memiliki adab - adabnya. Adapun urgensi menjaga adab dalam beribadah...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here