Tetap semangat! cara menghilangkan stres yang bisa kamu terapkan

Manusia pastinya merasakan keresahan dalam kehidupannya, bahkan terkadang menimbulkan yang namanya stres, jika itu dibiarkan. Maka dampaknya akan timbul seperti depresi yang berkepanjangan. Semua masalah harus dihadapi dan dijalani, jangan sampai goyah dengan apa yang terjadi. Berikut ini cara menghilangkan stres yang bisa anda terapkan.

Berdoa

Memanjatkan doa. Foto: Google

Setiap kehidupan di dunia ini, dalam melakukan apapun, pastinya tak lupa untuk selalu memanjatkan doa kepada Sang Maha Pencipta. Bahkan ketika kamu sedang shalat, setelah selesai shalat jangan lupa untuk selalu memanjatkan doa kepadanya, selain ajang berkomunikasi dengan Sang Maha Pengasih, juga sebagai sarana kita dalam mencurahkan hati kita ketika sedang mengalami fase terbawah.

Berdzikir

Dengan mengingat dan menyebut asmanya, dengan begitu ketenangan dalam hati akan selalu didapatkan. Jangan lupa untuk diniatkan dari lubuk hati yang paling dalam. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam Ar Ra’d ayat 28:

“Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah, hati menjadi tenteram.” (QS. Ar Ra’d ayat 28)

Menjaga tali silaturahmi

Sebagai makhluk sosial, kita harus saling menjaga komunikasi satu sama lain, siapapun mereka. Baik yang sudah kenal maupun yang baru kita temui. Ini bertujuan guna mengurangi penat dan stres yang sedang dihadapi, namun perlu diingat. Ketika sedang gundah, jangan luapkan emosi kepada mereka. Alangkah bijaknya untuk berbincang dan meminta saran kepada mereka. Ini dimaksud agar dapat mengurangi beban pikiran yang sedang dihadapai.

Baca juga: Sedih memang boleh, tapi tidak boleh berlarut-larut!!

Shalat

Berada dalam situasi apapun, baik senang maupun susah. Kita sebagai umat muslim harus menjalankan kewajiban kita sebagai umat muslim yaitu shalat. Selain media berkomunikasi dengan Sang Khalik. Ibadah ini juga membantu juga dalam menentramkan hati ketika sedang gundah sekaligus penolong. Allah SWT berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al Baqarah ayat 153)

Tawakal

Tawakal disini adalah mengajarkan kita untuk selalu berpikiran dan bersikap secara positif, tidak ada pikiran negatif yang mengelilingi pikiranmu. Sebagai manusia, apapun yang diberikan kepadamu dan apa yang terjadi di dunia ini. Hendaknya untuk selalu berpikiran baik terhadap Sang Khalik, mungkin ada maksud tertentu dari kejadian tersebut. Tapi perlu diingat, bukan berarti pasrah, namun tetaplah berusaha dan berdoa, namun tak lupa juga untuk berserah diri kepadaNya.

Baca Lainnya

Roger Danuarta belajar sholat dan ngaji atas nasihat ibunda non muslim

Baru-baru ini Roger Danuarta menceritakan perjalanan spiritualnya hingga mantap menjadi seorang muslim. Hal itu diceritakannya bersama istri, Cut Meyriska dalam kanal YouTube Ussy Andhika. Butuh...

Asal mula masuknya Abu Bakar As-Siddiq ke agama Islam

Abu Bakar As-Siddiq adalah salah seorang sahabat nabi yang termasuk dalam As Sabiqun Al Awalun, atau orang-orang yang pertama kali masuk Islam. Beliau memiliki nama...

Kisah Julaibib ra, sahabat yang sangat dicintai Rasulullah

Rasulullah SAW pernah bersabda, "Sesungguhnya Allah tidak melihat pada bentuk rupa dan harta kalian. Akan tetapi, Allah hanyalah melihat pada hati dan amalan kalian."...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here