Dewi Sandra cuma mau kewajiban, enggan tuntut hak ke suami: Adab istri?

Setiap peranan punya hak dan tanggung jawab masing-masing, tak terkecuali bagi suami dan istri. Kewajiban suami yang paling utama adalah memberi nafkah lahir dan batin untuk istri, di samping menjadi pemimpin rumah tangga serta imam. Sedangkan istri wajib mentaati suami dan berperilaku baik. Setelah kewajiban dijalankan, seseorang berhak atas hak.

Tapi aktris Dewi Sandra punya pandangan tersendiri soal hak dan kewajibannya sebagai istri. Hal itu dia ungkapkan saat menjadi tamu dalam kanal YouTube Daniel Mananta belum lama ini.

Dewi Sandra lebih utamakan kewajiban ketimbang hak

Dewi Sandra bicara soal hak dan kewajiban sebagai istri. Foto: Instagram

Potongan perbincangan Dewi Sandra bersama Daniel Mananta kembali ramai di media sosial. Kala itu, mantan istri Glenn Fredly tersebut berbicara soal kewajibannya sebagai istri.

“Sebagai seorang istri gue enggak boleh menuntut hak gue. Karena gue harus memberikan kewajiban gue. Hak yang seharusnya aku dapat, aku tidak mengharapkan dari kamu, tapi dari Allah,” tutur Dewi Sandra, dari akun @luviku, Selasa, 23 Februari 2021, dikutip dari Hops.id—grup Muslima.id.

Dia lalu memberikan contoh dari pernyataannya, bahwa dia hanya mengharap dari Allah SWT. Maka meski suami tidak memberikan haknya, dia akan tetap menjalani kewajibannya.

“Contoh ya contoh. Misalnya, (suami) punya kewajiban dong untuk kasih aku uang belanja, misalnya. Tapi ternyata, suamiku enggak memberikan aku uang belanja. Apakah aku tidak melakukan kewajiban aku? Enggak boleh. Tugas aku melakukan kewajiban, tetap melayani, tetap ini, tetap itu,” imbuh Dewi.

Dia berkeyakinan, hak untuknya akan dipenuhi oleh Allah SWT meski suaminya tidak memberikan haknya sebagai istri. “Untuk hak, misalnya dapet uang belanja, gue mintanya sama Allah. Jadi kalo Allah kasih, bisa jadi enggak dari suaminya. Karena haknya itu sudah ‘milikmu’, ‘aku akan memberikan hak kamu’. Jadi jangan berharap sama manusia tentang hak. Tugas kita (menjalankan) kewajiban,” tuturnya.

Adab istri dalam Islam

Hak dan kewajiban bagi pasangan suami istri termasuk yang berkaitan dengan adab diatur dalam Islam. Dikutip dari NU Online, Imam Al-Ghazali dalam kitabnya berjudul Al-Adab fid Din dalam Majmu’ah Rasail al-Imam al-Ghazali (Kairo, Al-Maktabah At-Taufiqiyyah, halaman 442) menjelaskan tentang adab istri terhadap suami sebagai berikut:

آداب المرأة مع زوجها: دوام الحياء منه، وقلة المماراة له، ولزوم الطاعة لأمره، والسكون عند كلامه، والحفظ له في غيبته، وترك الخيانة في ماله، وطيب الرائحة، وتعهد الفم ونظافة الثوب، وإظهار القناعة، واستعمال الشفقة، ودوام الزينة، وإكرام أهله وقرابته، ورؤية حاله بالفضل، وقبول فعله بالشكر، وإظهار الحب له عند القرب منه، وإظهار السرور عند الرؤية له.

Baca Lainnya

Roger Danuarta belajar sholat dan ngaji atas nasihat ibunda non muslim

Baru-baru ini Roger Danuarta menceritakan perjalanan spiritualnya hingga mantap menjadi seorang muslim. Hal itu diceritakannya bersama istri, Cut Meyriska dalam kanal YouTube Ussy Andhika. Butuh...

Asal mula masuknya Abu Bakar As-Siddiq ke agama Islam

Abu Bakar As-Siddiq adalah salah seorang sahabat nabi yang termasuk dalam As Sabiqun Al Awalun, atau orang-orang yang pertama kali masuk Islam. Beliau memiliki nama...

Kisah Julaibib ra, sahabat yang sangat dicintai Rasulullah

Rasulullah SAW pernah bersabda, "Sesungguhnya Allah tidak melihat pada bentuk rupa dan harta kalian. Akan tetapi, Allah hanyalah melihat pada hati dan amalan kalian."...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here