Hukum masuk tempat peribadahan agama lain, hati-hati, sob

- Kamis, 20 Mei 2021 | 15:00 WIB
photo-1473177104440-ffee2f376098
photo-1473177104440-ffee2f376098


Sebagai makhluk sosial, kita tentu hidup berdampingan dengan berbagai orang. Beragam latar belakang mengiringi setiap individu, sehingga kita harus menghormati setiap orang untuk kehidupan yang damai. Perbedaan latar belakang, termasuk perbedaan agama merupakan masalah yang sangat sensitif dari waktu ke waktu. Banyak konflik terjadi akibat dari perseteruan antar setiap penganut agama. Dalam hal ini, toleransi perlu dijunjung tinggi untuk menghindari gesekan antar beda keyakinan tersebut. Hukum masuk tempat peribadahan agama lain akan dibahas di sini.





-
Perdebatan larangan memasuki tempat ibadah selain masjid. Foto: Unsplash




Bolehkah masuk tempat ibadah agama lain?





Namun apakah sebagai muslim diperkenankan untuk memasuki tempat beribadahan agama lain? Ada berbagai pendapat mengenai hal tersebut, ada yang mengharamkan adapula yang memperbolehkan dengan syarat.





Perdebatan tersebut setidaknya dapat ditengahi dengan berbagai kisah dan hadist yang menyebutkan tentang masuk dalam tempat ibadah agama lain. Sebagai contoh, pada Al-Qur’an surah Al-Kafirun pada intinya disebutkan jika umat Islam tidak menyembah Tuhan yang mereka sembah, untukmu lah agamamu dan untukku lah agamaku.





Banyak ulama berdasar pada surah tersebut, dapat diartikan jika sebenarnya sah saja masuk ke dalam peribadahan agama lain, akan tetapi diharamkan untuk mengikuti proses ibadahnya. Kemudian diperbolehkan untuk memasukinya saat tidak ada proses peribadahan serta perayaan hari besar agama lain.





Perbedaan mazhab tentang hukum masuk tempat peribadahan





Kemudian, ada empat mazhab berbeda mengenai hukum memasuki tempat peribadahan agama lain. Yang pertama mazhab dari Hanafiyah yang menyebutkan haram hukumnya karena tempat ibadah lain merupakan tempat disembahnya Tuhan selain Allah SWT. Oleh sebab itu hukumnya qiyas atau disamakan dengan tempat-tempat maksiat.

Halaman:

Editor: Yuni Hartati - Muslima.ID

Tags

Terkini

Inilah adab murid terhadap sang guru

Rabu, 6 Oktober 2021 | 14:00 WIB

Hukum, syarat, waktu, dan cara zakat fitrah

Selasa, 5 Oktober 2021 | 15:00 WIB

Menyeimbangkan hidup di dunia dan akhirat

Senin, 4 Oktober 2021 | 15:00 WIB

Mencari yang halal untuk jihad

Senin, 4 Oktober 2021 | 14:00 WIB

Terpopuler

X