Bijak menyikapi orang yang benci dengan kita

- Senin, 12 Juli 2021 | 10:00 WIB
Dendam
Dendam


Dibenci dan membenci sudah menjadi makanan sehari hari bagi umat manusia. Islam memandang sikap benci adalah hal yang dilarang. Tentu karena dari sifat benci inilah yang akan berpotensi menyebabkan pertikaian, perpecahan dan pertengkaran. Yang sebagaimana kita tahu hal tersebut jelas berbanding terbalik dengan konsep Islam yang Deen assalam atau agama perdamaian. Maka sikap benci dapat berpotensi menimbulkan mudharat yang besar ini harus kita hindari. Kita bisa mudah dalam menghindari sifat benci tatkala kita memiliki mindset untuk selalu bisa berdamai dengan orang lain. Namun kadang prinsip seperti itu bisa goyah manakala ada orang lain yang membenci kita. Rasa benci hingga dendam berpotensi timbul dalam diri manusia. Maka problematika saling membenci sulit terelakkan. Lantas bagaimana cara bijak menyikapi orang yang benci dengan kita?





Selain menghindari mudhorot, mencegahnya juga merupakan hal yang penting. Problematika perpecahan di dunia berakar dari sifat saling benci. Sikap individualis menganggap diri paling benar, sehingga membabi buta menyalahkan mereka yang tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Maka output yang timbul adalah sifat benci. Dari hal inilah yang awalnya sifat benci hanya berbentuk uneg uneg dalam hati. Apabila terimplementasikan dalam bentuk perbuatan maka sudah jelas pertikaian, saling membenci hingga dendam yang berakar akar akan sulit dihindari. Jadi dalam rangka mencegah hal itu, kita bisa memahami bagaimana agar bijak menyikapi orang yang benci dengan kita.





Menyikapi orang yang benci dengan kita





Yang pertama adalah bersikap biasa saja yakni dengan selalu berlapang dada. Sikap cuek dan bodo amat akan sangat berfaedah bilamana diterapkan tatkala ada orang yang benci dengan kita. Dengan sikap bodo amat ini, seseorang akan cenderung tidak merespon kebencian yang menjurus padanya. Sehingga sikap saling membenci dapat terelakkan. Yang kedua adalah memperbaiki karakter diri. Sikap orang yang benci dengan kita bisa kita jadikan bahan muhasabah. Barangkali sebab mereka membenci kita memang ada yang salah dengan kita. Apabila memang demikian, maka kita bisa memulai untuk memperbaiki diri. Agar sikap benci yang tertuju pada kita akan luntur.





Jangan lupa untuk selalu rendah hati. Jika orang lain membenci kita, bisa jadi hal itu karena ada unsur kesombongan dalam diri kita. Maka menghindari sifat sombong dengan selalu rendah hati dapat mencegah daripada sifat benci.





Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Muslima (TCT).

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Kerennya 8 Rekomendasi Sarung BHS dengan Motif Terbaik

Minggu, 27 November 2022 | 19:48 WIB

Inilah adab murid terhadap sang guru

Rabu, 6 Oktober 2021 | 14:00 WIB

Hukum, syarat, waktu, dan cara zakat fitrah

Selasa, 5 Oktober 2021 | 15:00 WIB

Menyeimbangkan hidup di dunia dan akhirat

Senin, 4 Oktober 2021 | 15:00 WIB

Mencari yang halal untuk jihad

Senin, 4 Oktober 2021 | 14:00 WIB

Terpopuler

X