Agar mendapat ketenangan, 4 cara untuk membersihkan hati dan pikiran

- Rabu, 1 September 2021 | 16:00 WIB
Antara bahagia atau kekayaan. Foto: Pexels
Antara bahagia atau kekayaan. Foto: Pexels






Ada beragam ujian dari Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari, tentunya hal itu dimaksudkan untuk menguji keimanan dan menjadi jalan untuk masuk ke surga yang telah disediakan untuk orang beriman. Bagaimana kita menjaga kebersihan hati dan pikiran agar mendapat ketenangan? Terkadang kita tidak ikhlas karena ujian. Akhirnya menyalahkan keadaan yang sedang dialami serta kadar keimanan menjadi berkurang dalam beribadah kepada Allah maupun berbuat baik kepada sesama.





Perbuatan orang yang dzalim kepada kita juga menganggap bahwa hidup ini tidak adil dan akhirnya menjadi penyebab ingin dendam, juga dengan mudahnya berbagai penyakit hati masuk ke dalam jiwa. Pada akhirnya menjadikan hati tidak tenang, akibat dengan adanya kotoran dalam hati kita yang sangat jelas dapat berpengaruh pada kehidupan.





Nah untuk itu, kita bisa menjalani kehidupan dengan tenang juga dapat menjaga hati, agar dapat menjalani kehidupan ini dengan ikhlas dengan mengembalikan lagi kepada Allah. Ada beberapa cara untuk membersihkan hati dan pikiran, yuk simak cara-caranya!





Cara membersihkan hati dan pikiran









Sebagai seorang muslim, untuk menjalani kehidupan ini agar merasakan ketenangan dan ikhlas dalam menerima bentuk cobaan apapun, ketika kita merasakan ujian dari Allah mungkin akan muncul perasaan bahwa ini tidak adil. Akhirnya, perasaan tersebut tidak nyaman dan kadang membuat kita berpikir negatif. Untuk itu, ada beberapa cara membersihkan hati dan pikiran agar kita mendapat ketenangan, diantaranya :





Sabar





Sabar menjadi sikap yang paling utama untuk kita terapkan ketika sedang mendapati cobaan, karena dengan sabar pikiran dan hati akan tetap bisa menerima atas apa yang sedang dialami. Memang susah, tapi percayalah dari sabar Tuhan akan selalu bersama kita. Sebagaimana dalam firman Allah, yang artinya : “Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar” (Qs. Al-Baqarah 153).

Halaman:

Editor: Hilmi Aprilia Putri -Muslima.ID

Tags

Terkini

Kerennya 8 Rekomendasi Sarung BHS dengan Motif Terbaik

Minggu, 27 November 2022 | 19:48 WIB

Inilah adab murid terhadap sang guru

Rabu, 6 Oktober 2021 | 14:00 WIB

Hukum, syarat, waktu, dan cara zakat fitrah

Selasa, 5 Oktober 2021 | 15:00 WIB

Menyeimbangkan hidup di dunia dan akhirat

Senin, 4 Oktober 2021 | 15:00 WIB

Mencari yang halal untuk jihad

Senin, 4 Oktober 2021 | 14:00 WIB

Terpopuler

X