Terus berusaha keras meski mungkin gagal, banyak kelebihannya

- Sabtu, 4 September 2021 | 11:00 WIB
Bekerja dalam tim. Foto: ist
Bekerja dalam tim. Foto: ist


Sekalipun pada kasus tertentu Allah menyukai hasil akhir. Misal seorang muslim yang pada akhir hayatnya justru murtad, lebih buruk dibandingkan seorang preman yang sebelum akhir hayatnya justru bertobat.
Namun dalam sebagian besar kasus, Allah lebih menghargai proses. Allah lebih menghargai usaha seseorang dalam mencapai tujuan. Allah lebih menyukai orang yang terus berusaha keras. Meskipun hasil akhir ataupun takdir ada di tanganNya.





Allah menyukai orang yang berusaha. Sebagaimana firmanNya :
“Sesungguhnya Allah tidak mengubah Keadaan (nasib) sesuatu kaum sehingga mereka merubah keadaan (perilaku) yang ada pada diri mereka sendiri” (QS. al-Ra’d: 11).





Rasulullah pun bersabda : “Sungguh, seorang dari kalian yang memanggul kayu bakar dan dibawa dengan punggungnya lebih baik baginya daripada dia meminta kepada orang lain, baik orang lain itu memberinya atau menolaknya” (HR. Bukhari).





Lalu mengapakah berusaha keras itu tetap penting, meskipun kemungkinan berhasilnya mungkin sangat kecil? Toh semua sudah ada takdir Tuhan?
Ternyata banyak hal yang tersimpan di dalam usaha keras kita meraih tujuan.





Dengan terus berusaha keras, ada pemahaman-pemahaman baru terbuka





Pada saat kita berusaha keras. Meski kita menemui kegagalan pada akhirnya, di dalam proses berusaha, akan banyak pemahaman-pemahaman dan ilmu-ilmu yang kita dapat sebagai pengalaman. Saat ini karena gagal, mungkin ilmu tersebut belum nampak. Namun dengan mengusahakan lagi, suatu ketika keberhasilan akan tercapai.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Kerennya 8 Rekomendasi Sarung BHS dengan Motif Terbaik

Minggu, 27 November 2022 | 19:48 WIB

Inilah adab murid terhadap sang guru

Rabu, 6 Oktober 2021 | 14:00 WIB

Hukum, syarat, waktu, dan cara zakat fitrah

Selasa, 5 Oktober 2021 | 15:00 WIB

Menyeimbangkan hidup di dunia dan akhirat

Senin, 4 Oktober 2021 | 15:00 WIB

Mencari yang halal untuk jihad

Senin, 4 Oktober 2021 | 14:00 WIB

Terpopuler

X