Perjalanan Abu Bakar As Siddiq dalam Islam

- Rabu, 29 September 2021 | 09:00 WIB
Ilustrasi sahabat Rasulullah SAW. Foto: Pexels
Ilustrasi sahabat Rasulullah SAW. Foto: Pexels


Abu Bakar As Siddiq lahir pada tahun 5 SM atau tepatnya 2 tahun setelah kelahiran Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Nama asli dari Abu Bakar ialah Abdul Ka'bah. Ayahnya beliau bernama Quhafah bin Amir dan ibunya adalah Ummul Khair Salma binti Shokhr. Keluarga keturunan Abu Bakar dengan Rasulullah bertemu pada Murrah bin Ka'ab. Beliau berasal dari bani Tamim suku Quraisy.. Gelarnya sebagai Abu Bakar dikarenakan orang yang pertama masuk Islam golongan laki-laki dewasa. Sedangkan As Siddiq adalah gelar yang diberikan Rasulullah ketika peristiwa Isra Mi'raj, karena Abu Bakar lah yang membenarkan segala tindakan serta ucapan Rasulullah.





-
Majelis ilmu. Foto: Unsplash




Kepribadian Abu Bakar As Siddiq





Semenjak kecil Abu Bakar tidak pernah mengikuti perbuatan buruk yang telah dikerjakan oleh kaum kafir Quraisy. Beliau tidak pernah mabuk, menyembah berhala, menyakiti orang maupun melakukan perbuatan tercela lainnya. Hal itulah yang menjadikan beliau mendapat julukan dari Rasulullah al-atiq yaitu kesucian. Sedang saat dewasa beliau sibuk dengan Berdagang di berbagai daerah di sekitaran Mekah, berkat usahanya itulah beliau termasuk orang yang ber cukupan. Meskipun begitu, Beliau memiliki sifat yang sederhana rendah hati, Dermawan, dan suka menolong.





Perjuangan Abu Bakar As Siddiq dalam Islam





Ketika Rasulullah menjadi rasul Abu Bakar lah yang pertama masuk Islam tanpa ragu sedikitpun. Setelah keislaman Abu Bakar banyak sekali sikap dan perjuangan untuk Islam. Beliau adalah orang yang setia membela dan melindungi Rasulullah. Contohnya yaitu pada saat Perang Badar, Abu Bakar lah orang yang menyatakan siap berperang demi membela Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasalam dan Islam. Saat Perang Uhud Abu Bakar ditugasi Rasulullah untuk memimpin regu mengejar dan menakut-nakuti musuh.





Lalu saat peristiwa Isra Mi'raj waktu itu kaum kafir Quraisy berusaha untuk mempengaruhi umat Islam dengan mengatakan bahwa Rasulullah adalah pembohong. Namun Abu Bakar lah yang menyatakan bahwa apa yang dikatakan oleh Rasulullah adalah benar, oleh itulah ia mendapat julukan As Siddiq. Peristiwa lagi ketika Rasulullah shalat di Masjidil Haram, tiba-tiba saja Uqbah bin Abi mu'ith menjerat leher beliau. Abu Bakar yang melihat hal itu lalu dengan cepat menyergap Uqbah.





Begitupun ketika Rasulullah dan umat Islam hijrah ke Madinah. Beliaulah yang menemani Rasulullah dan melindungi dari ancaman kaum kafir Quraisy. Abu bakarlah yang memeriksa keamanan gua Tsur dan juga mengatur pembekalan, menyiapkan kendaraan, dan menyediakan penunjuk jalan.

Halaman:

Editor: Emiliya Fatmawati - Muslima.ID

Tags

Terkini

Kerennya 8 Rekomendasi Sarung BHS dengan Motif Terbaik

Minggu, 27 November 2022 | 19:48 WIB

Inilah adab murid terhadap sang guru

Rabu, 6 Oktober 2021 | 14:00 WIB

Hukum, syarat, waktu, dan cara zakat fitrah

Selasa, 5 Oktober 2021 | 15:00 WIB

Menyeimbangkan hidup di dunia dan akhirat

Senin, 4 Oktober 2021 | 15:00 WIB

Mencari yang halal untuk jihad

Senin, 4 Oktober 2021 | 14:00 WIB

Terpopuler

X