Elemen-elemen yang tidak lepas dari pesantren

- Rabu, 29 September 2021 | 07:00 WIB
Mengaji ramadhan
Mengaji ramadhan


Pesantren merupakan sebuah tempat untuk proses pembelajaran agama Islam yang menyediakan asrama bagi para peserta didiknya atau muridnya dalam jangka waktu yang tidak ditentukan. Peserta didik tersebut dikenal dengan sebutan Santri. Kehadiran Pesantren sering dengan munculnya strategi melawan penjajah, seperti halnya dulu Pesantren Tebu Ireng. Namun Pesantren tidak akan terlepas dari Beberapa elemen yang telah diatur. Nah alamat-alamat tersebut tidak bisa dilepaskan dari keberadaan sebuah pondok pesantren. Bagi yang penasaran apa saja elemen-elemen yang tidak bisa dilepaskan dari Pondok Pesantren silakan simak di sini





-
rumah yang dijauhi malaikat.
Foto: Pixabay




Kyai, adalah satu dari elemen-elemen yang terdapat dalam Pesantren





Kyai atau ulama merupakan Sentral dari pengajaran di pesantren. Ilmu pengetahuan vn sistem pengajaran di pesantren ditentukan oleh seorang Kyai. Perannya sangatlah penting. Hal ini dikarenakan ia tidak sebatas sebagai pengajar saja namun lebih dari itu sebagai pendidik, pembina, pengarah, dan juga pemberi solusi dalam hampir setiap persoalan kehidupan santri dan masyarakat. Perannya juga sangat luas, yaitu menyangkut keagamaan, sosial, budaya, hingga persoalan politik, dan kebangsaan.





Santri, adalah elemen kedua dari elemen-elemen yang terdapat dalam Pesantren





Santri merupakan persamaan peserta didik yang belajar di pesantren. Seorang santri dituntut tidak hanya belajar tentang agama namun menjadikan ilmu yang dipelajari sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Insya Allah mereka kelak merupakan pengganti ulama.





Pondok





Pondok adalah bangunan atau tempat santri belajar. Bangunan pondok memiliki banyak kamar sebagai tempat para santri. Terdapat aula dan juga tempat mengaji.





Ajaran Islam





Pesantren identik dengan ajaran islam. Pesantren pun mengenalkan tentang Menjunjung tinggi nilai, kerja dan prestasi sebagai suatu ibadah kepada Allah. Menjunjung akhlak atau moral dalam berpikir, bersikap, serta berperilaku. Menjunjung tinggi norma-norma Islam. Loyalitas terhadap agama, bangsa ataupun negara. Persaudaraan, kesatuan dan cinta kasih.

Halaman:

Editor: Emiliya Fatmawati - Muslima.ID

Tags

Terkini

Kerennya 8 Rekomendasi Sarung BHS dengan Motif Terbaik

Minggu, 27 November 2022 | 19:48 WIB

Inilah adab murid terhadap sang guru

Rabu, 6 Oktober 2021 | 14:00 WIB

Hukum, syarat, waktu, dan cara zakat fitrah

Selasa, 5 Oktober 2021 | 15:00 WIB

Menyeimbangkan hidup di dunia dan akhirat

Senin, 4 Oktober 2021 | 15:00 WIB

Mencari yang halal untuk jihad

Senin, 4 Oktober 2021 | 14:00 WIB

Terpopuler

X