Hilangnya ketentraman hati karena sifat iri hati dengki

- Rabu, 29 September 2021 | 06:00 WIB
photo-1503525148566-ef5c2b9c93bd
photo-1503525148566-ef5c2b9c93bd


Terkadang Rumput Tetangga lebih indah terkadang apa yang kita lihat dari orang lain lebih indah dari milik kita. Itu mengakibatkan rasa syukur dalam diri kita berkurang. Namun sejatinya apapun yang ada di diri kita apapun yang menjadi takdir kita itu adalah hal terbaik untuk kita. Kita tidak tahu mengenai hal itu, kita sebagai seorang manusia kita menjadi seorang hamba hendaknya menerima dan mensyukuri apa yang Allah anugerahkan kepada kita, Allah lebih tahu apa yang terbaik bagi kita daripada kita sendiri. Jauhkanlah sifat iri hati dengki





-
Lelah. Foto: Unsplash




Larangan Bersifat Hasad atau Iri





Seseorang yang mengaku beriman kepada Allah dianjurkan untuk menghindari segala penyakit hati, Salah satunya yaitu hasad atau iri hati dengki. Orang yang memiliki sifat iri cenderung memiliki hidup yang tersiksa. Dalam surah Annisa ayat 32 Allah subhanahu wa ta'ala berfirman: "Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebagian kamu lebih dari sebagian yang lain." Hal itu lantaran Allah lebih mengetahui apa yang terbaik buat hamba-Nya.





Percaya lah apa yang telah menjadi takdir kamu adalah yang terbaik untuk dirimu. Banyak sebuah kisah tentang keinginan seseorang, namun sejatinya keinginan itu tidak baik untuk dirinya. Seperti halnya Qarun yang dahulunya hidup sederhana, dia minta kepada Nabi Musa didoakan agar mendapat kekayaan, namun setelah kekayaan didapat dia menjadi orang yang paling sombong, sehingga Allah mengazab nya mengubur harta dan dirinya di dalam bumi. Wallahua’lam.





Iri Hati yang Diperbolehkan





Islam melarang melakukan sikap iri hati, kecuali dalam dua hal yaitu Iri kepada orang kaya yang menggunakan kekayaannya untuk bersedekah, dan iri kepada orang yang berilmu karena dapat mengamalkan ilmunya. Seperti halnya dalam sebuah hadits Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: "Tidak boleh iri hati atau dengki kecuali dalam dua hal, yaitu terhadap seseorang yang diberi Allah karunia berupa sejumlah harta, kemudian dirinya menghabiskan harta itu pada jalan yang benar, dan terhadap seseorang yang diberi Allah berupa ilmu dan hikmah, Kemudian beliau mengamalkan dan mengajarkannya kepada orang lain. " (H.R Mutafaq alaih).





Dampak Negatif dari Iri hati





Dalam suatu perbuatan pasti ada hikmah atau pelajaran yang dapat diambil. begitupun ciri hati yang pastinya memiliki dampak negatif yaitu hatinya akan selalu sesak karena keberuntungan dan kebaikan yang dimiliki orang lain, hidupnya tidak akan tenang dan berkecukupan karena selalu merasa kurang. Iri hati dapat mengakibatkan sulitnya menerima kebenaran dan selalu berprasangka buruk. Jika terus dipupuk akan menghinakan harkat dan martabat orang itu sendiri. Selain itu dapat pula menghilangkan amal kebaikan yang pernah dilakukan. Terlihat bulat tercela dimata manusia dan dihadapan Allah.Akan menimbulkan permusuhan antar masyarakat.

Halaman:

Editor: Emiliya Fatmawati - Muslima.ID

Tags

Terkini

Kerennya 8 Rekomendasi Sarung BHS dengan Motif Terbaik

Minggu, 27 November 2022 | 19:48 WIB

Inilah adab murid terhadap sang guru

Rabu, 6 Oktober 2021 | 14:00 WIB

Hukum, syarat, waktu, dan cara zakat fitrah

Selasa, 5 Oktober 2021 | 15:00 WIB

Menyeimbangkan hidup di dunia dan akhirat

Senin, 4 Oktober 2021 | 15:00 WIB

Mencari yang halal untuk jihad

Senin, 4 Oktober 2021 | 14:00 WIB

Terpopuler

X