Mencari yang halal untuk jihad

- Senin, 4 Oktober 2021 | 14:00 WIB
nick-morrison-FHnnjk1Yj7Y-unsplash
nick-morrison-FHnnjk1Yj7Y-unsplash


Mencari sesuatu yang halal untuk jihad. Hal tersebut tertuang dalam hadis riwayat adh-diyah. Sudah sepantasnya kita memilih bekerja yang halal untuk keluarga kita. Makna bekerja sama dengan hal tersebut berjajar dengan bahasa Arab.





Peranan Bekerja dalam Kehidupan





Dikutip dari buku akidah akhlak kelas 9 Madrasah Tsanawiyah Rasulullah SAW menuntunkan untuk bekerja giat. Hal tersebut lantaran bertujuan agar tidak meminta-minta pada orang lain. Seperti halnya dalam hadits Rasulullah bersabda: "Tidak ada satupun makanan yang dimakan seseorang lebih baik daripada hasil kerja tangannya. sesungguhnya Nabi Daud makan dari hasil kerja tangannya."





Dalam hadis riwayat Abu Daud, Al-Nasa'i serta At Tirmidzi. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:" Meminta-minta kepada manusia ialah luka cakar yang dibuat seseorang di mukanya sendiri. Ada orang yang suka maka dibiarkannya luka itu di mukanya dan pula orang yang tak suka maka ditinggalkannya. Kecuali orang yang meminta kepada penguasa atau berada dalam keadaan yang ia tidak menemukan pilihan lain." (H.R Abu Daud, Al-Nasa'i serta At Tirmidzi).





-




Begitupula dalam firman Allah pada surat At-taubah ayat 105. Allah berfirman: " Dan katakanlah: "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang Mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada Allah yang mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata lalu diberitakan-Nya kepada engkau apa yang telah engkau kerjakan." (QS At-Taubah : 105).





Dorongan agar Bekerja Keras





Keuntungan dalam bekerja harus dibarengi dengan ilmu. Agar pekerjaan yang dilakukan berada di jalur yang benar, bagi seorang pekerja yang jujur, amanah, serta mencari pekerjaan yang halal. Setiap amal perbuatan akan dipertanggungjawabkan untuk itu harusnya mencari yang halal adalah hal yang utama mencari sesuatu atas karidhaan Allah.

Halaman:

Editor: Emiliya Fatmawati - Muslima.ID

Tags

Terkini

Inilah adab murid terhadap sang guru

Rabu, 6 Oktober 2021 | 14:00 WIB

Hukum, syarat, waktu, dan cara zakat fitrah

Selasa, 5 Oktober 2021 | 15:00 WIB

Menyeimbangkan hidup di dunia dan akhirat

Senin, 4 Oktober 2021 | 15:00 WIB

Mencari yang halal untuk jihad

Senin, 4 Oktober 2021 | 14:00 WIB

Wajibnya mencari ilmu bagi setiap orang

Senin, 4 Oktober 2021 | 09:00 WIB
X