Jalan keberuntungan, memperlakukan pembantu dengan baik

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 12:00 WIB
Saling-membantu
Saling-membantu


Berlakulah baik terhadap pembantu termasuk dalam perbuatan yang terpuji dan hal tersebut juga dianjurkan oleh agama. Allah Subhanahu Wa Ta'ala menganjurkan untuk memperlakukan pembantu dengan baik, sebagaimana yang disebutkan dalam firman-Nya yang berbunyi :





"Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu bapak kerabat-kerabat anak-anak yatim orang-orang miskin tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh teman sejawat Ibnu Sabil dan hamba sahayamu (para pembantu)... " (QS. An-Nisa': 35)









Jaminan untuk pembantu





Dalam sebuah hadis mengatakan bahwa bagi mamluk atau pembantu berhak untuk mendapatkan jaminan makanan dan pakaian yang layak. Sebagaimana dalam sabda Rasulullah SAW: "Bagi mamluk (pembantu)  memiliki hak makanan dan pakaiannya dengan baik dan tidak boleh mengerjakan sesuatu pekerjaan yang ia tidak mampu."





Termasuk dalam berlaku buruk terhadap pembantu misalnya ketika tidak memberinya makan secukupnya juga pakaiannya. Selain itu, dengan memerintahkan sesuatu yang ia tidak mampu, suka memaki dan memukulnya tanpa adanya alasan pasti, alasan yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.





Sebuah hadis mengatakan:

Halaman:

Editor: Hilmi Aprilia Putri -Muslima.ID

Tags

Terkini

Inilah adab murid terhadap sang guru

Rabu, 6 Oktober 2021 | 14:00 WIB

Hukum, syarat, waktu, dan cara zakat fitrah

Selasa, 5 Oktober 2021 | 15:00 WIB

Menyeimbangkan hidup di dunia dan akhirat

Senin, 4 Oktober 2021 | 15:00 WIB

Mencari yang halal untuk jihad

Senin, 4 Oktober 2021 | 14:00 WIB

Terpopuler

X