Inilah adab murid terhadap sang guru

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 14:00 WIB
suul adab terhadap guru
suul adab terhadap guru


Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Dari guru-guru lah kita mengerti banyak pengetahuan. Untuk itulah Islam mengajarkan adab murid terhadap seorang guru. Dalam kitab Adab as-Syariah 1/ 408, "para ulama telah menyepakati wajibnya memuliakan Al-Qur'an, ahli Islam dan Nabi. Demikian juga wajib memuliakan Khalifah, orang yang memiliki keutamaan, serta orang yang berilmu." Terhadap seorang guru harus memiliki adab. Harus menghormati seseorang yang telah mengajarkan kita sebuah ilmu."





Adab murid : Memuliakan Guru





Dalam sebuah hadis riwayat Al Bazzar 2718, Ahmad 5/ 323, lafadz milik Al-Bazzar, azzar yang telah di shahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih Targhib 1/117. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: "Bukanlah termasuk golongan kami, orang yang tidak menghormati orang yang lebih tua, tidak menyayangi yang lebih muda, serta tidak mengerti hak ulama."





Dalam kitab Al-Majmu' 1/84, Imam Nawawi berkata, "Hendaklah seorang murid itu memperhatikan sang guru dengan pandangan penghormatan. Hendaklah dirinya menyakini keahlian sang guru dibandingkan dengan orang lain. Lantaran hal tersebut akan menghantarkan sang murid untuk banyak mengambil sebuah manfaat darinya, serta lebih dapat membekas di dalam hatinya tentang apa yang dirinya dengar dari sang guru tersebut."





Mendoakan Kebaikan





Guru telah banyak mengajarkan kita berbagai ilmu, sehingga bermanfaat bagi kehidupan diri sendiri dan orang lain. Oleh karena itu seorang murid hendaknya mendoakan kebaikan untuk sang guru. Dalam kitab Tadzkirah Sami' dalam halaman 91, Ibnu Jama'ah berkata : "Hendaklah seorang yang mencari ilmu mendoakan gurunya sepanjang masa. Memperhatikan anak-anaknya, kerabatnya, serta menunaikan haknya ketika telah wafat."





-
teacher asking question with children in classroom




Begitupun dalam Hadist Riwayat Bukhari, di dalam sebuah kitab Adab Al-Mufrad nomor 216, dan di As-Shahihah 254, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:" Apabila terdapat yang berbuat baik terhadap dirimu maka balaslah dengan balasan yang setimpal. Apabila engkau tidak dapat membalasnya, maka doakanlah dirinya hingga dirimu melihat telah mencukupi untuk membalas dengan balasan yang setimpal."

Halaman:

Editor: Emiliya Fatmawati - Muslima.ID

Tags

Terkini

Inilah adab murid terhadap sang guru

Rabu, 6 Oktober 2021 | 14:00 WIB

Hukum, syarat, waktu, dan cara zakat fitrah

Selasa, 5 Oktober 2021 | 15:00 WIB

Menyeimbangkan hidup di dunia dan akhirat

Senin, 4 Oktober 2021 | 15:00 WIB

Mencari yang halal untuk jihad

Senin, 4 Oktober 2021 | 14:00 WIB

Wajibnya mencari ilmu bagi setiap orang

Senin, 4 Oktober 2021 | 09:00 WIB
X