Hakikat uban rambut sebagai cahaya di hari kiamat

Dalam hidup, ketika seseorang sudah mulai lanjut usianya, uban menjadi suatu hal yang pastinya menghiasi kepala seseorang. Kadang beberapa orang merasa risih ketika kepalanya beruban. Karena pandangan mereka mengenai uban seolah menandakan mereka sudah sangat tua. Padahal beruban tidak hanya dialami orang yang sudah tua. Kelainan genetika kadang bisa menjadikan orang yang masih muda sekalipun bisa beruban. Namun dibalik kepala beruban yang menurut pandangan beberapa orang merasa risih. Ada fakta menarik dibalik uban ini yang telah disabdakan oleh beliau Nabi Muhammad SAW dalam hadistnya.

Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Fudhala bin Ubaid RA, Nabi Muhammad SAW bersabda. Bahwa seseorang yang beruban rambutnya dalam Islam, maka uban itu kelak di hari kiamat akan menjadi cahayanya. Adapun asbabul wurud dari hadist ini, dikisahkan kala itu ada sahabat Nabi Muhammad SAW yang gemar mencabuti ubannya. Kemudian ada yang mengadu pada Nabi Muhammad SAW mengenai hal ini. Dan beliau Nabi Muhammad SAW pun bersabda, seseorang yang mencabuti ubannya, berarti ia telah mencabut cahayanya.

uban rambut
Uban rambut. Foto: Pinterest

Keutamaan rambut memiliki uban

Memahami hakikat dari uban ini, semestinya sebagai muslim yang bijak, tidak seharusnya kita merasa risih ketika kepala kita beruban. Seandainya kita merasa risih, kita bisa mengakalinya dengan penutup kepala seperti peci dll. Hal ini bukan tidak lain adalah sebagai kepentingan kita sendiri agar kelak kita memiliki cahaya di hari kiamat. Adapun keutamaan – keutamaan yang akan didapat orang yang beruban kelak di hari kiamat adalah sebagai berikut:

4 keutamaan rambut beruban yang akan didapat di hari kiamat adalah :

  • cahaya di atas rambut, kemudian
  • setiap rambut yang sudah beruban dibalas satu kebaikan.
  • Tidak hanya mendapat kebaikan, setiap rambut yang sudah beruban juga menghapus satu keburukan.
  • Dan kelak Allah SWT mengangkat derajat rambut tersebut.

Keutamaan – keutamaan ini diambil dari redaksi hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA.

Foto: Instagram.

Dari hal ini bisa kita ketahui bahwa setiap perintah Nabi Muhammad SAW yang telah beliau sabdakan dalam setiap hadistnya. Pasti memiliki keutamaan – keutamaan yang akan didapat oleh umatnya yang telah mampu melaksanakannya.

Uban juga menjadi suatu pengingat bagi kita yang memahami tentang dekatnya ajal. Sehingga uban menjadi suatu nikmat tersendiri bagi yang bisa memahaminya.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Muslima (TCT)

Baca Lainnya

Roger Danuarta belajar sholat dan ngaji atas nasihat ibunda non muslim

Baru-baru ini Roger Danuarta menceritakan perjalanan spiritualnya hingga mantap menjadi seorang muslim. Hal itu diceritakannya bersama istri, Cut Meyriska dalam kanal YouTube Ussy Andhika. Butuh...

Asal mula masuknya Abu Bakar As-Siddiq ke agama Islam

Abu Bakar As-Siddiq adalah salah seorang sahabat nabi yang termasuk dalam As Sabiqun Al Awalun, atau orang-orang yang pertama kali masuk Islam. Beliau memiliki nama...

Kisah Julaibib ra, sahabat yang sangat dicintai Rasulullah

Rasulullah SAW pernah bersabda, "Sesungguhnya Allah tidak melihat pada bentuk rupa dan harta kalian. Akan tetapi, Allah hanyalah melihat pada hati dan amalan kalian."...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here