Adab seorang muslim menyikapi suatu fenomena alam

- Jumat, 28 Mei 2021 | 18:00 WIB
Bulan suci Ramadan. Foto: freepik
Bulan suci Ramadan. Foto: freepik


Baru baru ini sedang trending adanya fenomena alam yakni gerhana bulan. Hal ini hanyalah sedikit dari sekian banyak fenomena alam lainnya di alam semesta ini. Kemudian adanya peristiwa ini tentu menjadi suatu hal yang wajib diperhatikan. Terutama kita sebagai umat muslim. Tentu kita percaya bahwa adanya fenomena alam tersebut adalah kuasa Allah SWT. Maka sebagai muslim kita harus menerapkan beberapa adab dalam menyikapi adanya fenomena alam ini. Tentunya hal ini akan membuat kita sadar bahwa kita hanya serpihan kecil dari kuasa Allah SWT atas alam semesta ini. Sehingga hal ini dapat menjadi cara untuk memberikan penekanan pada diri. Agar semakin meningkat iman dan takwa kita kepada Allah SWT. Lantas apa yang dimaksud adab tersebut? Dan bagaimana adab seorang muslim menyikapi fenomena alam ini?





Gerhana, pasang surut air laut, terjadinya siang dan malam serta masih banyak lagi. Hal tersebut sering terjadi di dunia ini dan kita anggap sebagai hal yang biasa. Padahal sebagai muslim seharusnya kita harus bisa mengambil hikmah atas fenomena alam tersebut. Yang mana hal tersebut adalah sebagai bentuk kuasa Allah SWT atas alam semesta ini. Maka dalam menyikapinya kita perlu menerapkan beberapa adab. Sehingga kita akan bisa mengambil hikmah penuh atas peristiwa peristiwa besar tersebut. Dan akhirnya hal tersebut akan membuat kita semakin takjub atas kuasa Allah dan semakin kuat iman serta takwa kita kepada - Nya. Mirisnya tak jarang banyak umat muslim menyepelekan fenomena alam ini. Dan tidak mendapatkan hikmah apapun dari peristiwa tersebut. Lantas bagaimana adab seorang muslim yang harus diterapkan dalam menyikapi peristiwa ini?





Adab seorang muslim dalam menyikapi fenomena alam





Melihat suatu hal yang besar tentu kita harusnya terketuk hati kita ada perasaan takut serta gelisah. Hal ini sangat baik jika diterapkan dalam menyikapi suatu fenomena alam. Dimana kuasa Allah SWT yang besar ini membuat kita takut dan gelisah sehingga akan menjadikan hal tersebut suatu alasan untuk bertaubat. Kemudian pada fenomena gerhana baik gerhana bulan maupun matahari. Nabi Muhammad SAW memberikan tauladan untuk melaksanakan salat gerhana. Yang mana hal ini sangat baik. Memposisikan diri kita serendah-rendahnya dihadapan Allah SWT dalam sujud kita sebagai seorang hamba yang tiada daya apa apa dibandingkan Allah SWT.





Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Muslima  (TCT)


Editor: Administrator

Tags

Terkini

Bekal terbaik bukan takwa melainkan uang

Senin, 25 Juli 2022 | 09:39 WIB

Tergesa-gesa adalah salah satu akhlak tercela

Rabu, 6 Oktober 2021 | 12:00 WIB

Macam-macam zakat mal yang harus dikeluarkan

Rabu, 6 Oktober 2021 | 08:00 WIB

Sering mendapat penolakan? Sikapi dengan 3 cara ini

Selasa, 5 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Inilah 3 puasa sunnah dan Keutamaan didalamnya

Senin, 4 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Inilah perjalanan manusia setelah kematian

Senin, 4 Oktober 2021 | 11:00 WIB

Inilah ibadah yang dicintai Allah karena ganjil

Minggu, 3 Oktober 2021 | 19:00 WIB

Inilah hukum dan keutamaan berjamaah

Minggu, 3 Oktober 2021 | 09:00 WIB

Terpopuler

X