Inilah hukum dan keutamaan berjamaah

- Minggu, 3 Oktober 2021 | 09:00 WIB
Jamaah sholat. Foto: ist
Jamaah sholat. Foto: ist


Salat dapat ditunaikan secara sendiri maupun dengan berjamaah. Beberapa riwayat hadis berbicara tentang salat berjamaah. Menurut KBBI atau kamus bahasa Indonesia berjamaah berarti bersama-sama. Sedangkan jika diambil dari bahasa Arab berarti kelompok ataupun kumpulan. Menurut istilah syara berjamaah yakni salat yang dikerjakan bersama-sama oleh dua orang ataupun lebih dan salah satunya sebagai Imam. Bagaimanakah hukum dan keutamaan salat berjamaah?





Dalam surat an-nisa ayat 102 Allah subhanahu wa ta'ala berfirman, artinya dan apabila kamu berada di tengah-tengah mereka atau (sahabatmu) lalu kamu hendak mendirikan salat bersama-sama mereka, maka hendaklah segolongan dari Mereka berdiri (salat) bersamamu. "





Hukum dan Keutamaan Berjama'ah





Hukum salat berjamaah mempunyai berbeda pandangan di kalangan ulama. Sebagian ulama menghukuminya dengan fardhu ain. Sebagiannya lagi berpendapat bahwa fardhu kifayah. erta yang lain berpendapat sunah muakkad yakni sunah yang dikuatkan. Pada





kumpulan Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: " hai manusia Roma shalatlah kamu di rumah kamu masing-masing. sesungguhnya sebaik-baik salat ialah salat seseorang di rumahnya, kecuali salat lima waktu (maka itu masjid alangkah lebih baik)."





Hukum dan Keutamaan Berjamaah Bagi Perempuan





Untuk wanita salat di rumah lebih baik. Namun ada beberapa pendapat yang memperbolehkan salat di masjid untuk berjamaah. amun dengan catatan tidak menimbulkan mudharat, syahwat atau fitnah. Seperti halnya memakai wewangian ataupun perhiasan menggunakan make up yang mencolok. Dalam hadis riwayat Abu Daud Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: " janganlah engkau melarang perempuan-perempuan untuk pergi ke masjid Oma meskipun rumah mereka (perempuan) lebih baik bagi mereka untuk beribadah." (H.R. Abu Daud).
Sedangkan dalam hadits riwayat Ahmad dan Abu Daud Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:" Janganlah engkau melarang perempuan perempuan untuk pergi ke masjid-masjid Allah, namun hendaklah mereka itu keluar tanpa memakai harum-haruman." (H.R Ahmad dan Abu Daud).

Halaman:

Editor: Emiliya Fatmawati - Muslima.ID

Tags

Terkini

Bekal terbaik bukan takwa melainkan uang

Senin, 25 Juli 2022 | 09:39 WIB

Tergesa-gesa adalah salah satu akhlak tercela

Rabu, 6 Oktober 2021 | 12:00 WIB

Macam-macam zakat mal yang harus dikeluarkan

Rabu, 6 Oktober 2021 | 08:00 WIB

Sering mendapat penolakan? Sikapi dengan 3 cara ini

Selasa, 5 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Inilah 3 puasa sunnah dan Keutamaan didalamnya

Senin, 4 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Inilah perjalanan manusia setelah kematian

Senin, 4 Oktober 2021 | 11:00 WIB

Inilah ibadah yang dicintai Allah karena ganjil

Minggu, 3 Oktober 2021 | 19:00 WIB

Inilah hukum dan keutamaan berjamaah

Minggu, 3 Oktober 2021 | 09:00 WIB

Terpopuler

X