Inilah salah satu cara agar terhindar dari neraka dan mendapat gedung di surga

- Minggu, 3 Oktober 2021 | 18:35 WIB
photo-1473177104440-ffee2f376098
photo-1473177104440-ffee2f376098


Salat adalah rukun Islam yang kedua setelah membaca dua syahadat. Selain salat fardu ada juga salat sunah serta keutamaan di dalamnya. Pertama yaitu Salat sunah muakkad. Salat yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, Salah satunya yaitu salat rawatib. Salah satu hikmah salat Sunah ini adalah ia akan terhindar api neraka dan bisa dibuatkan gedung di surga. Berikut ini ketentuan salat sunah rawatib.





Pengertian Salat Sunah Rawatib





Salat sunah rawatib ialah salat yang dilakukan dua rakaat sebelum atau sesudah salat fardhu. Jika dilakukan sebelum salat dinamakan qobliyah, namun jika dilaksanakan sesudah dinamakan ba'diyah. Dalam hadis riwayat Bukhari dari Abdullah bin Umar Dia berkata: "Saya ingat dari Rasulullah mengerjakan salat sunah 2 rakaat sebelum dzuhur, 2 rakaat sesudah dzuhur, 2 rakaat sesudah maghrib, 2 rakaat sesudah Isya, serta dua rakaat sebelum subuh.





Macam-macam Salat Sunah Rawatib Muakkad





Beberapa macam salat Sunnah Rawatib Muakkad di antaranya ialah dua rakaat sebelum salat Dzuhur, lalu dua rakaat sesudah salat dzuhur. Kemudian waktu sholat maghrib yaitu dilaksanakan sesudah salat magrib. Lalu ada juga waktu salat Isya yang dilakukan sesudah salat Isya'. Terakhir ada dua rakaat sebelum salat subuh.





-
Salat adalah cerminan hidup. Foto: Pexels




Keutamaan Salat Sunah Rawatib, salah satunya untuk membuat kita terhindar dari api neraka





Ada hikmah serta keutamaan di dalam melakukan salat sunat rawatib. Diantara keutamaan salat Sunah Rawatib yaitu merupakan pelengkap untuk ketidak sempurnaan di dalam salat fardhu yang kita lakukan 5 kali sehari. Namun Insyaallah dalam salat fardhu yang kita lakukan dianggap sempurna oleh Allah. Oleh karena itu salat rawatib ini untuk menambah pahala bagi kita. Lalu orang yang melakukan salat sunah rawatib akan mendapatkan rahmat dari Allah sebagaimana dalam hadits Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Dalam sebuah hadis riwayat Abu Dawud dan Tirmidzi, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: "Sesungguhnya Allah merahmati orang yang melakukan salat Sunnah 4 rakaat sebelum salat Anshar."





Menghindarkan kita dari siksa neraka. Bagaimana dalam sebuah hadits riwayat hadits Ash-habus Sunan, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: "Barang siapa yang memelihara 4 rakaat sebelum salat Zuhur, dan 4 rakaat sesudahnya, niscaya Allah mengharamkan neraka di atasnya." (H.R Ash-habus Sunan). Kemudian melakukan salat sunah rawatib ini Insya Allah Allah akan mengaruniai sebuah gedung di surga. Seperti halnya dalam hadis riwayat Tirmidzi, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:" Barangsiapa yang shalat 2 rakaat sesudah Maghrib, insya Allah akan membuatkan sebuah gedung di surga untuknya."

Halaman:

Editor: Emiliya Fatmawati - Muslima.ID

Tags

Terkini

Bekal terbaik bukan takwa melainkan uang

Senin, 25 Juli 2022 | 09:39 WIB

Tergesa-gesa adalah salah satu akhlak tercela

Rabu, 6 Oktober 2021 | 12:00 WIB

Macam-macam zakat mal yang harus dikeluarkan

Rabu, 6 Oktober 2021 | 08:00 WIB

Sering mendapat penolakan? Sikapi dengan 3 cara ini

Selasa, 5 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Inilah 3 puasa sunnah dan Keutamaan didalamnya

Senin, 4 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Inilah perjalanan manusia setelah kematian

Senin, 4 Oktober 2021 | 11:00 WIB

Inilah ibadah yang dicintai Allah karena ganjil

Minggu, 3 Oktober 2021 | 19:00 WIB

Inilah hukum dan keutamaan berjamaah

Minggu, 3 Oktober 2021 | 09:00 WIB

Terpopuler

X