Termasuk tanda kiamat sugra, jika jumlah wanita lebih banyak daripada lelaki

- Senin, 4 Oktober 2021 | 06:00 WIB
Pengalaman hidup
Pengalaman hidup


Beberapa kejadian memiliki tanda-tanda di dalamnya. begitu pula dengan tanda-tanda datangnya hari kiamat. Diantara datangnya tanda-tanda hari kiamat ada tanda-tanda kiamat Kubra, dan tanda-tanda kiamat Sugra. Dalam surah al-qamar ayat 1 Allah berfirman: "Telah dekat datangnya saat itu dan telah terbelah bulan." (Al-Qamar:1). Yang yang dimaksud disini ialah terjadinya hari kiamat. Seorang sahabat meriwayatkan bahwa suatu hari Rasulullah berkhotbah saat matahari akan tenggelam, serta beliau menjelaskan bahwa umur dunia sudah akan berakhir dan tinggal seumur matahari akan tenggelam, dan (terbelahnya bulan) dalam ayat tersebut ialah mukjizat Rasulullah pada saat penduduk Mekah minta bukti kenabian. (Anas bin Malik ra).





Tanda-tanda Hari Kiamat





Dalam sebuah hadis riwayat muslim dari Hudzaifah serta Asid Al Ghifari. " Rasulullah Shallallahu Alaihi Salam, menengok kami saat kami sedang berbincang-bincang, Seraya bertanya," Apa yang sedang kalian perbincangan? " jawab para sahabat, "Kami sedang berbincang-bincang mengenai hari kiamat." beliau bersabda, " kiamat tidak akan pernah terjadi sebelum terlihat 10 tanda: 1. Ad-Dukhan atau asap ataupun disebut juga kabut, 2. Dajjal ataupun si penipu besar, 3. Dabbah atau disebut juga dengan binatang melata, 4. Matahari terbit dari barat, 5. Turunnya Isa putra Maryam, 6. Yakjuj dan Makjuj, 7. Gerhana di Timur, 8. Terjadinya Gerhana di Barat, 9. Gerhana di Jazirah Arab, 10. Api menyala di Yaman menghalau umat manusia ke Padang Mahsyar tempat berkumpul.





-




Begitu pula dalam hadits riwayat muslim dari Abu Hurairah Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, bersabda: "Tidaklah kiamat terjadi sehingga matahari terbit dari tempat tenggelamnya (Barat). Maka apabila matahari telah terbit dari barat, berimanlah semua manusia, namun tidaklah berguna imannya waktu itu, kecuali apabila telah beriman sebelum peristiwa itu dan telah berbuat baik atas dasar keimanan nya. "(H.R Muslim dari Abu Hurairah).





Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, bersabda: "Berkata Rasulullah, ada (tiga) perkara apabila telah keluar tidaklah bermanfaat iman seseorang, kecuali apabila telah beriman sebelumnya dan telah beramal baik dengan keimanannya tersebut. (3 perkara tersebut) ialah terbitnya matahari dari arah Barat, keluarnya Dajjal, dan keluarnya hewan aneh dari dalam bumi." (H.R Muslim).





Tanda-tanda Kiamat Sugra





Ada pula tanda-tanda dari kiamat sugra atau kiamat kecil. Diantara tanda-tanda nya adalah banyak terjadi pembunuhan atau bunuh membunuh. Lalu adanya pembantu yang banyak melahirkan anak majikannya. Kemudian banyaknya kemaksiatan, jumlah wanita akan lebih banyak daripada laki-laki, agama bukan lagi sebagai perkara yang penting. Dari tanda-tanda kiamat kecil dan makanlah dengan kondisi zaman saat ini. Menurut kalian apakah tanda-tanda kiamat Sugra atau kiamat kecil sudah terjadi?

Halaman:

Editor: Emiliya Fatmawati - Muslima.ID

Tags

Terkini

Bekal terbaik bukan takwa melainkan uang

Senin, 25 Juli 2022 | 09:39 WIB

Tergesa-gesa adalah salah satu akhlak tercela

Rabu, 6 Oktober 2021 | 12:00 WIB

Macam-macam zakat mal yang harus dikeluarkan

Rabu, 6 Oktober 2021 | 08:00 WIB

Sering mendapat penolakan? Sikapi dengan 3 cara ini

Selasa, 5 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Inilah 3 puasa sunnah dan Keutamaan didalamnya

Senin, 4 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Inilah perjalanan manusia setelah kematian

Senin, 4 Oktober 2021 | 11:00 WIB

Inilah ibadah yang dicintai Allah karena ganjil

Minggu, 3 Oktober 2021 | 19:00 WIB

Inilah hukum dan keutamaan berjamaah

Minggu, 3 Oktober 2021 | 09:00 WIB

Terpopuler

X