Inilah perjalanan manusia setelah kematian

- Senin, 4 Oktober 2021 | 11:00 WIB
atharva-tulsi-Uv2BaNZjjvY-unsplash
atharva-tulsi-Uv2BaNZjjvY-unsplash


Yang hidup pasti mengalami kematian. Setelah kematian manusia akan mengalami perjalanan panjang mulai dari perjalanan menuju alam barzah, Yaumul Ba'ats, Yaumul Mahsyar, Yaumul Hisab serta Yaumul Mizan dan kemudian barulah menuju surga dan neraka. Begitulah perjalanan panjang manusia setelah kematian menjemput. Untuk itu kita akan membahas mengenai perjalanan hidup manusia setelah kematian.





Alam Barzah





Alam barzah atau juga yang disebut dengan alam kubur adalah alam pembatas. Yang dimaksud dengan alam barzah adalah batas pemisah antara suatu kehidupan dunia dan kehidupan di akhirat. Alam barzah merupakan sebuah alam Penantian sebelum menuju ke alam akhirat. Hadits mengenai alam kubur terdapat dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim.





Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda: "Sesungguhnya Apabila seseorang diantara engkau meninggal dunia, ditampakkan kepadanya tempat tinggalnya (nanti) di waktu pagi serta petang. Apabila (yang ditampakkan) Ahli Surga, dirinya termasuk Ahli Surga. Sebaliknya, apabila (yang ditampakkan) ahli neraka, dirinya termasuk ahli neraka. Kalau itu di katakan padanya, inilah tempatmu sampai saatnya Allah membangkitkan engkau di hari kiamat." (H.R Bukhari dan Muslim).





Yaumul Ba'ats





Ketika hari kiamat telah tiba, lalu memasuki suatu masa yang disebut dengan Yaumul Ba'ats, yakni hari dibangkitkanya semua manusia dari alam kubur. Allah berfirman dalam surah Yasin ayat 52. Allah berfirman: " Mereka berkata: "Aduhai Celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan dari tempat tidur kamu (kubur)? Inilah yang dijanjikan Allah yang Maha Pemurah serta benarlah Rasul-Rasul-Nya." (QS Yasiin: 52).





-
Perjalanan. Foto: Unsplash




Yaumul Mahsyar





Yang mahsyar, adalah hari dikumpulkannya manusia setelah bangkit dari alam kubur, yang dikirimkan manusia menuju ke Padang Mahsyar. Hal itu termasuk dalam surah al-baqarah ayat 203. Allah berfirman:…" dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa engkau akan dikumpulkan kepada-Nya." (QS Al-baqarah :203).

Halaman:

Editor: Emiliya Fatmawati - Muslima.ID

Tags

Terkini

Bekal terbaik bukan takwa melainkan uang

Senin, 25 Juli 2022 | 09:39 WIB

Tergesa-gesa adalah salah satu akhlak tercela

Rabu, 6 Oktober 2021 | 12:00 WIB

Macam-macam zakat mal yang harus dikeluarkan

Rabu, 6 Oktober 2021 | 08:00 WIB

Sering mendapat penolakan? Sikapi dengan 3 cara ini

Selasa, 5 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Inilah 3 puasa sunnah dan Keutamaan didalamnya

Senin, 4 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Inilah perjalanan manusia setelah kematian

Senin, 4 Oktober 2021 | 11:00 WIB

Inilah ibadah yang dicintai Allah karena ganjil

Minggu, 3 Oktober 2021 | 19:00 WIB

Inilah hukum dan keutamaan berjamaah

Minggu, 3 Oktober 2021 | 09:00 WIB

Terpopuler

X