Puasa sunnah untuk menyelisihi umat Yahudi serta Nasrani

- Senin, 4 Oktober 2021 | 17:00 WIB
Berbuka puasa di bulan Ramadhan. Foto: Pexels
Berbuka puasa di bulan Ramadhan. Foto: Pexels


Selain puasa di bulan suci Ramadan ada pula beberapa puasa sunnah. Seperti halnya puasa senin-kamis, puasa pada bulan Sya'ban puasa 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah, ketika menjelang hari raya Idul Adha, lalu ada puasa Asyura yang diperuntukkan untuk menyelisihi umat Yahudi serta Nasrani. Berikut ini akan dibahas 3 puasa sunnah, yakni puasa Asyura, puasa Sya'ban, serta puasa yang dilaksanakan 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah. Silakan simak terus di bawah ini.





Puasa Sunnah Asyura, untuk menyelisihi





Puasa Asyura dilakukan pada hari kesepuluh saat bulan Muharram. Rasulullah Memerintahkan umatnya untuk melakukan puasa saat hari Asyura dan mengiringinya dengan berpuasa 1 hari sebelum atau sesudahnya. Puasa ini dengan tujuan untuk menyelisihi umat Yahudi serta Nasrani yang hanya berpuasa pada hari kesepuluh. Keutamaannya itu akan dihapuskan dosa-dosa kecil di tahun sebelumnya. Dalam hadis riwayat Muslim.





Ketika bulan Muharram menurut pendapat Sebagian ulama disunahkan pula untuk puasa sunnah tasu'a. Yang dimaksud ialah puasa saat tanggal 9 di bulan Muharram. Puasa tasu'a sangatlah dianjurkan karena memiliki sebuah keutamaan lumayan yang besar. Rasulullah selalu puasa Asyura serta memerintahkan umatnya untuk melakukannya.





-
Tips mengambil keputusan. Foto: Pexels




Dalam hadis riwayat Al-bukhari dan Muslim, dari Ibnu Abbas menjelaskan bahwa:" Rasulullah berpuasa saat hari Asyura dan menyuruh kita berpuasa pada hari itu." (H.R Al-Bukhari dan Muslim). Puasa Asyura dilakukan tepat pada tanggal 10 Muharram dan tasu'a pada tanggal 9 Muharram.





Puasa 10 hari Pertama bulan Dzulhijjah





Ketika memasuki bulan Dzulhijjah, sebelum merayakan hari raya Idul Adha yang bertepatan pada tanggal 10 Dzulhijjah, disunahkan untuk melakukan 10 hari berpuasa pada hari pertama terlebih dahulu. Yang dimaksud adalah puasa 9 hari pertama di bulan Dzulhijjah. Tidak termasuk pada tanggal kesepuluh nya, karena hari itu adalah hari raya kurban.

Halaman:

Editor: Emiliya Fatmawati - Muslima.ID

Tags

Terkini

Tergesa-gesa adalah salah satu akhlak tercela

Rabu, 6 Oktober 2021 | 12:00 WIB

Macam-macam zakat mal yang harus dikeluarkan

Rabu, 6 Oktober 2021 | 08:00 WIB

Sering mendapat penolakan? Sikapi dengan 3 cara ini

Selasa, 5 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Inilah 3 puasa sunnah dan Keutamaan didalamnya

Senin, 4 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Inilah perjalanan manusia setelah kematian

Senin, 4 Oktober 2021 | 11:00 WIB

Inilah ibadah yang dicintai Allah karena ganjil

Minggu, 3 Oktober 2021 | 19:00 WIB

Inilah hukum dan keutamaan berjamaah

Minggu, 3 Oktober 2021 | 09:00 WIB

Ternyata ada puasa yang diharamkan, inilah macamnya

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 15:00 WIB
X