3 alasan kita perlu banyak belajar dari kegagalan orang lain

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 18:00 WIB
kelly-sikkema--1_RZL8BGBM-unsplash
kelly-sikkema--1_RZL8BGBM-unsplash


Manusia kadang kala berada dalam fase sukses maupun gagal di dalam hidupnya, itu adalah hal wajar. Karena Allah SWT sendiri sudah pernah mengatakan bahwa setiap hambaNya pasti akan diberikan ujian dalam hidupnya. Maka dari itu, kita perlu pandai menyikapi hal tersebut. Ingat, gagal ataupun sukses bukan akhir dari segala. Namun yang terpenting adalah bagaimana kita mau belajar dari kedua hal tersebut di dalamnya. Jika kita pernah gagal dalam bidang apapun. Percayalah, belajarlah dari orang lain karena pernah mengalami hal yang sama. Berikut ini beberapa alasan kita perlu banyak belajar dari kegagalan orang lain.





Menambah wawasan yang kita perlukan





Pengalaman pahit dalam hidup itu sangat diperlukan guna berjuang lebih lagi dalam meraih apa yang kita cita-citakan. Maka dari itu, kita perlu berkaca dan melihat berbagai kegagalan seseorang. Terlebih orang tersebut telah sukses seperti. Di situlah kita bisa melihat bahwa berjuang dan semangat serta berdoa lebih khusyuk merupakan cara yang bisa kita aplikasikan dan terapkan dalam kehidupan nanti. Siapa tahu kegagalan yang sedang terjadi kepada diri kita, bukan karena usaha kita yang kurang keras, tetapi masih ada yang kurang saja. Selain itu dapat menambah wawasan yang diperlukan.





Menjadi lebih berhati-hati





Berkaca dari orang lain tentunya membuat kita akan menjadi lebih pintar bukan? Tentunya ini perlu dan sangat perlu. Di mana manusia memang harus selalu belajar. Karena dalam kehidupan pastinya akan selalu berubah kapanpun tanpa kita minta sekalipun. Jika kita pernah gagal, tentunya orang lain juga pernah mengalaminya bukan? Maka dari itu, kita bisa mengerti ketika orang tersebut sudah pernah merasakannya. Setidaknya kita akan lebih berhati-hati dalam melangkah. Selain menghindarkan dari kejadian yang sama. Tentunya perbaikan dari segala hal juga penting. Ini bertujuan agar jalan menuju kesuksesanmu lebih terarah.





Baca juga: Terus berusaha keras meski mungkin gagal, banyak kelebihannya





Tidak terjatuh ke dalam lubang yang sama





Berharap akan pencapaian yang sukses tentunya merupakan hal yang sangat di dambakan setiap orang, namun namanya kehidupan. Ada saja jalan terjal menuju ke sana. Tentunya kita perlu banyak belajar agar tidak sampai gagal mencapainya. Salah satu caranya tentunya belajar dari orang lain yang mengalami hal tersebut. Selain memberikan rasa hati-hati juga kita waspada akan terjadi hal yang serupa kepada diri kita.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Bekal terbaik bukan takwa melainkan uang

Senin, 25 Juli 2022 | 09:39 WIB

Tergesa-gesa adalah salah satu akhlak tercela

Rabu, 6 Oktober 2021 | 12:00 WIB

Macam-macam zakat mal yang harus dikeluarkan

Rabu, 6 Oktober 2021 | 08:00 WIB

Sering mendapat penolakan? Sikapi dengan 3 cara ini

Selasa, 5 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Inilah 3 puasa sunnah dan Keutamaan didalamnya

Senin, 4 Oktober 2021 | 16:00 WIB

Inilah perjalanan manusia setelah kematian

Senin, 4 Oktober 2021 | 11:00 WIB

Inilah ibadah yang dicintai Allah karena ganjil

Minggu, 3 Oktober 2021 | 19:00 WIB

Inilah hukum dan keutamaan berjamaah

Minggu, 3 Oktober 2021 | 09:00 WIB

Terpopuler

X