Kisah Abu Dujanah ra dan pohon kurma, wujud mukjizat Rasulullah SAW

Abu Dujanah ra (radhiallahu ‘anhu), adalah sahabat Nabi dari kabilah Khazraj.
Beliau adalah sahabat Rasulullah yang gagah berani di medan laga, namun beliau pernah membuat Rasulullah menitikkan air mata. Mengapakah? Mari kita ikuti kisah beliau.

Abu Dujanah RA tak mengikuti doa Nabi setelah jamaah Subuh.

Sudah beberapa hari Abu Dujanah memohon diri tergesa-gesa pulang sesudah jamaah salat subuh tanpa mengikuti doa Nabi ba’da salat. Hal ini membuat Rasulullah terheran-heran.

Rasulullah pun berusaha menanyakannya kepada Abu Dujanah, “Apakah engkau tidak ada permintaan, sehingga senantiasa pulang terlebih dahulu sebelum kita memanjatkan doa kepada Allah subhanahu wa ta’ala?”

“Demikian ya Rasulullah,” Abu Dujanah memulai ceritanya. “Di rumah tetangga sebelah kami ada sebatang pohon kurma yang sedang berbuah lebat. Daunnya menjorok ke rumah kami, sehingga setiap malam angin bertiup, membuat buah kurma yang telah matang, berjatuhan ke rumah kami.

Kami ini orang yang sangat tidak berpunya, sehingga anak-anak sering kelaparan.
Maka saat mereka bangun dan menemukan segala sesuatu yang dapat dimakan, mereka akan memakannya.

Oleh sebab itu, selesai salat Subuh, kami harus cepat cepat pulang, untuk memunguti kurma yang berceceran itu, untuk kami kembalikan kepada pemiliknya, sebelum anak kami bangun dan mengambilnya.

Pernah suatu ketika kami terlambat pulang dan mendapati anak kami sudah mengulum kurma tersebut, maka dengan jari-jari kami berusaha mengeluarkan kurma tersebut dari mulutnya.

Kami katakan. “Nak, jangan mempermalukan ayahmu di akhirat kelak”.
maka kami keluarkan apa saja yang dapat kami keluarkan dari mulut anak tersebut, kalau perlu yang sudah di perut pun kami keluarkan, sampai kedua mata anak kami mengeluarkan air mata karena kelaparan. Tapi kurma yang berceceran dan bekas kurmanya, kami kembalikan kepada si pemilik”.

Demikianlah Abu Dujanah berusaha ketat untuk menjaga agar diri dan keluarganya tidak mengambil atau memakan segala sesuatu yang bukan hak mereka.

Baca Lainnya

Roger Danuarta belajar sholat dan ngaji atas nasihat ibunda non muslim

Baru-baru ini Roger Danuarta menceritakan perjalanan spiritualnya hingga mantap menjadi seorang muslim. Hal itu diceritakannya bersama istri, Cut Meyriska dalam kanal YouTube Ussy Andhika. Butuh...

Asal mula masuknya Abu Bakar As-Siddiq ke agama Islam

Abu Bakar As-Siddiq adalah salah seorang sahabat nabi yang termasuk dalam As Sabiqun Al Awalun, atau orang-orang yang pertama kali masuk Islam. Beliau memiliki nama...

Kisah Julaibib ra, sahabat yang sangat dicintai Rasulullah

Rasulullah SAW pernah bersabda, "Sesungguhnya Allah tidak melihat pada bentuk rupa dan harta kalian. Akan tetapi, Allah hanyalah melihat pada hati dan amalan kalian."...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here