Kisah Rabi’ah bin Ka’ab yang rendah hati meskipun sedang terbakar emosi

Kisah Rabi’ah bin Ka’ab pemuda miskin keturunan suku Aslam. Beliau tak memiliki keluarga, harta maupun tempat tinggal. Beliau tinggal di masjid bersama dengan kaum muslim fakir lainnya, yang oleh masyarakat disebut sebagai “Dhuyuful Islam” atau tamu-tamu Islam. Nabi sering memberikan hadiah beliau kepada mereka.

Sahabat Rabi’ah sangat mencintai nabi sejak kecil, dan menginginkan untuk dapat mendampingi Rasulullah selama masih di dunia maupun di akhirat, sehingga beliau rajin sekali beribadah.

Kisah Rabi’ah bin Ka’ab meminang wanita Anshar

Pada saat sahabat Rabi’ah menjadi dewasa, Rasulullah menanyakan kepadanya,”Apakah engkau tidak ingin berumah tangga, wahai Rabi’ah?”

“Saya tidak ingin ada yang mengganggu dalam berkhidmat mendampingimu, ya, Rasulullah. Lagipula saya tidak memiliki apapun untuk mahar, maupun untuk melangsungkan kehidupan berumah tangga.”

Beberapa saat kemudian Rasulullah kembali menanyai Rabi’ah, “Apakah engkau memang tak ingin berumah tangga, wahai Rabi’ah?”. Hal ini menunjukkan kasih sayang Rasulullah, dan keinginan beliau untuk memanusiakan Rabi’ah.
Namun pemuda itu kembali memberikan jawaban yang sama.

Pada kali ketiga Rasulullah menanyakan hal serupa, Rabi’ah menjawab,” Dengan keadaanku yang seperti ini, Rasulullah. Tidak punya apa-apa seperti yang Rasulullah ketahui, wanita mana yang mau menikah dengan saya.”

“Pergilah kepada keluarga Fulan. Katakan kepada mereka bahwa Rasulullah menghendaki mereka menikahkan Putri mereka, Fulanah kepadamu.”

Rabi’ah pun mendatangi keluarga Anshar tersebut, dan menyampaikan maksud tujuannya dengan malu-malu dan was-was.

Sungguh diluar dugaan sang tuan rumah menyambut dengan baik kedatangan Rabi’ah, “Selamat datang, ya, utusan Rasulullah. Demi Allah, utusan Rasulullah tidak boleh pergi sebelum terpenuhi hajatnya.”

Baca Lainnya

Roger Danuarta belajar sholat dan ngaji atas nasihat ibunda non muslim

Baru-baru ini Roger Danuarta menceritakan perjalanan spiritualnya hingga mantap menjadi seorang muslim. Hal itu diceritakannya bersama istri, Cut Meyriska dalam kanal YouTube Ussy Andhika. Butuh...

Asal mula masuknya Abu Bakar As-Siddiq ke agama Islam

Abu Bakar As-Siddiq adalah salah seorang sahabat nabi yang termasuk dalam As Sabiqun Al Awalun, atau orang-orang yang pertama kali masuk Islam. Beliau memiliki nama...

Kisah Julaibib ra, sahabat yang sangat dicintai Rasulullah

Rasulullah SAW pernah bersabda, "Sesungguhnya Allah tidak melihat pada bentuk rupa dan harta kalian. Akan tetapi, Allah hanyalah melihat pada hati dan amalan kalian."...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here