Kisah Rabi’ah bin Ka’ab yang sangat mencintai Rasulullah sejak kecil

Rabi’ah bin Ka’ab adalah keturunan suku Aslam, yang merupakan pemuda miskin, tidak memiliki keluarga, harta maupun tempat tinggal.

Sedemikian miskinnya hingga beliau tinggal di Shuffatul Masjid (emper masjid) bersama muslim miskin lainnya, yang disebut sebagai “dhuyuful Islam” (tamu-tamu) Islam.

Bila ada orang memberi hadiah kepada Rasulullah SAW, biasanya Nabi hanya mengambil sedikit saja, dan memberikannya kepada mereka.

Kecintaan Rabi’ah bin Ka’ab terhadap Rasulullah

Saat itu usia Rabi’ah bin Ka’ab sekitar 9 atau 10 tahun, namun ia sangat rajin dan senang belajar dari Rasulullah. Ia sangat mencintai Rasulullah sejak pertama bertemu, dan menyerahkan seluruh jiwa raganya, menjadi pendamping Rasulullah SAW. Kemana pun beliau pergi.

Rabi’ah melayani semua keperluan Rasulullah sepanjang hari, bahkan tak jarang Rabi’ah mendekam berjaga di depan pintu rumah Rasulullah. Siapa tahu Rasulullah memerlukan sesuatu.

Pilihan permintaan yang sangat bijaksana

Di saat Rasulullah SAW bangun untuk melaksanakan shalat, beliau sering mendengar Rabi’ah melantunkan Al-Fatihah dan ayat-ayat Alquran.

Karena sering dibantu saat mengambil air wudhu, Rasulullah ingin membalas kebaikan Rabi’ah. Maka beliau menanyakan, apabila ada yang ingin diminta oleh Rabi’ah. Rabi’ah meminta waktu untuk memikirkan dulu, apa yang ingin dimintanya dari Rasulullah.

Rabi’ah sempat berpikir untuk meminta agar Nabi mendoakan agar hidupnya berkecukupan, namun pikiran tersebut terpupus dengan pikiran bahwa Allah telah mencukupi semua kebutuhan dan rejekinya. Dan semua yang duniawi itu akan habis juga.

Riwayat Rabi’ah bin Ka’ab al-Aslamy mengatakan:
” كُنْتُ أَبِيتُ مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، فَأَتَيْتُهُ بِوَضُوئِهِ وَحَاجَتِهِ ، فَقَالَ لِي : سَلْ ، فَقُلْتُ : أَسْأَلُكَ مُرَافَقَتَكَ فِي الْجَنَّةِ ، قَالَ : أَوْ غَيْرَ ذَلِكَ ، قُلْتُ : هُوَ ذَاكَ ، قَالَ : فَأَعِنِّي عَلَى نَفْسِكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ “. رواه مسلم في ” صحيحه“(489).

Baca Lainnya

Roger Danuarta belajar sholat dan ngaji atas nasihat ibunda non muslim

Baru-baru ini Roger Danuarta menceritakan perjalanan spiritualnya hingga mantap menjadi seorang muslim. Hal itu diceritakannya bersama istri, Cut Meyriska dalam kanal YouTube Ussy Andhika. Butuh...

Asal mula masuknya Abu Bakar As-Siddiq ke agama Islam

Abu Bakar As-Siddiq adalah salah seorang sahabat nabi yang termasuk dalam As Sabiqun Al Awalun, atau orang-orang yang pertama kali masuk Islam. Beliau memiliki nama...

Kisah Julaibib ra, sahabat yang sangat dicintai Rasulullah

Rasulullah SAW pernah bersabda, "Sesungguhnya Allah tidak melihat pada bentuk rupa dan harta kalian. Akan tetapi, Allah hanyalah melihat pada hati dan amalan kalian."...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here