Penyakit hati lebih bahaya dari sakit jasmani, obatnya ada di Al-Qur'an

Penyakit hati lebih berbahaya dari sakit jasmani, obatnya ada di dalam Al-Qur’an

Penyakit hati merupakan salah satu penyakit yang tidak terasa namun nyata adanya. Itu adalah penyakit yang menyerang rohani manusia. Jadi wajar bila tidak terasa sakit akan tetapi penyakit hati ini justru akan lebih berbahaya daripada penyakit jasmani. Tapi obat semua penyakit, termasuk hati ada di dalam Al-Qur’an.

Penyakit yang menyerang jasmani manusia justru akan berakibat baik pada jiwa atau rohani bilamana seseorang mampu mengambil hikmah di baliknya. Justru dengan penyakit jasmani, rasa sakit akan menggerogoti dosa kita. Berbeda dengan penyakit hati. Penyakit jenis itu justru akan menyebabkan dosa yang berakibat pada kemudhorotan yang besar. Tidak hanya pada diri sendiri namun juga orang lain.

Sehingga penting sekali manusia memahami obat untuk penyakit hati, salah satunya adalah Al-Qur’an.

Membaca Al-Qur'an. Foto: Pexels by Rodnae Production
Membaca Al-Qur’an. Foto: Pexels by Rodnae Production

Al – Qur’an sebagai kitab suci agama Islam merupakan pedoman hidup manusia. Sebaik – baiknya jalan hidup adalah hidup yang berlandaskan Al – Qur’an. Kadang ketika kita merasa cemas, hati tidak tenang, gelisah dan was – was maka membaca kitab suci ini akan menjadi obatnya.

Karena pada dasarnya Al – Qur’an akan bisa menyejukkan hati yang membacanya. Selain itu, membaca kitab suci ini akan menjauhkan kita dari berbagai macam penyakit hati. Ketika hati dipenuhi oleh kalimat – kalimat Allah, maka gejala penyakit hati tak akan bisa merasuk dalam hati kita. Tak hanya itu, bahkan dalam kitab suci ini juga ada ayat – ayat khusus yang digunakan sebagai pengobatan. Tak hanya pengobatan rohani namun juga jasmani.

Mengobati hati dengan Al – Qur’an

Ibnu Qayyim Al – Jauzi menerangkan bahwa kitab Al -Qur’an merupakan obat penyembuh yang sempurna dari segala penyakit hati dan badan. Serta penyakit yang berkaitan dengan dunia akhirat.

Hal ini selaras dengan nama lain kitab suci ini yang diberikan oleh Allah SWT sendiri yakni asy – syifa. Hal inilah yang membuat banyak orang menggunakan ayat Al – Qur’an sebagai obat yang mujarab terhadap segala penyakit. Sehingga tak jarang banyak orang – orang yang sakit meminta didoakan oleh ahli qur’an. Karena tentu kita paham bahwa segala penyakit datangnya dari Allah SWT. Maka kitab suci ini yang merupakan kalamullah tentunya pasti akan menjadi obat yang mujarab terhadap segala penyakit. Tentunya atas izin Allah SWT.

Foto: Instagram.com

Maka selalu rajinlah membaca kitab suci ini. Tak hanya sebagai obat namun juga pencegah terhadap segala penyakit. Termasuk penyakit hati yang bisa mendatangkan murka Allah SWT.

Baca Lainnya

Dihujat bertubi-tubi, Atta Halilintar: Nabi ku ajarkan balas dengan kebaikan

Semakin tinggi pohon, semakin kencang pula anginnya. Rasanya pepatah itu pas buat menggambarkan kehidupan Atta Halilintar. Tak hanya menerima sanjungan atas prestasinya sebagai YouTuber...

Sepatu flat sekarang banyak macamnya dan gak boring

Sebagian besar ulama masih memperdebatkan masalah halal haram tentang sepatu hak tinggi. Hanya saja ulama berpendapat bahwa hukumnya adalah makruh. Sedangkan sisanya adalah haram....

Adab puasa yang baik dan perlu dijaga oleh orang muslim

Puasa juga merupakan salah satu ibadah. Dalam syari'at ajaran Agama Islam tentunya setiap ibadah memiliki adab - adabnya. Adapun urgensi menjaga adab dalam beribadah...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here