Lakukan segera! cara menjaga pandangan agar terhindar dari maksiat

Sebagai umat muslim yang taat. Kita perlu menjaga sikap terhadap lawan jenis, terlebih lagi pada zaman sekarang. Karena hal tersebut dapat menimbulkan banyak fitnah. Selain itu, dimana pun kalian berada, godaan setan akan selalu ada, jadi alangkah pentingnya menjaga pandangan kita.

Berikut beberapa cara menjaga pandangan menurut anjuran Islam agar terhindar dari perbuatan maksiat.

Berzikir dan berdoa kepada Allah

Berdzikir dan berdoa kepada Allah merupakan salah satu usaha dan cara untuk menjaga penglihatan kita dari hal-hal yang tidak diinginkan. Apabila kita ingin senantiasa dilindungi olehNya, maka seringlah melakukan hal tersebut dan dekatkan diri kepada Allah SWT.

Mengalihkan pandangan

Apabila seseorang tidak sengaja memandang sesuatu yang tidak baik, seperti adanya pandangan terhadap lawan jenis. Maka segera berpalinglah dan tundukkan pandangan kita. Dalam hadits berikut ini dari Jarir bin Abdillah RA ia berkata:

“Saya bertanya  kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang pandangan yang tiba-tiba (tidak sengaja). Maka beliau memerintahan aku untuk memalingkan pandanganku”

Menjaga pandangan dengan menghindari tempat maksiat

Menghindari tempat yang mengandung unsur maksiat merupakan salah satu cara dalam menjaga mata anda, terlebih untuk kaum pria. Yang dimana mereka harus menahan diri agar tidak terjerumus ke dalam tempat tersebut. Karena mereka lebih mudah terjerumus dan dikhawatirkan akan lupa dengan akhirat kelak.

Mengingat Allah

Allah SWT selalu mengawasi hambaNya kapan dan di manapun kita berada. Alangkah baiknya dengan kita mengingat Allah, kita senantiasa patuh terhadap apa yang telah diperintahkanNya, termasuk larangan dengan memandang lawan jenis. Dengan begitu kita akan selalu mawas diri dan malu apabila melihat hal yang kurang elok dipandang.

Menikah atau berpuasa

Apabila kita merasa sangat sulit dalam menghindari pandangan, di mana sering menganggu pikiran. Terlebih apabila kita memang sudah mampu, dari segi usia maupun finansial, alangkah baiknya menikah.

Baca Lainnya

Roger Danuarta belajar sholat dan ngaji atas nasihat ibunda non muslim

Baru-baru ini Roger Danuarta menceritakan perjalanan spiritualnya hingga mantap menjadi seorang muslim. Hal itu diceritakannya bersama istri, Cut Meyriska dalam kanal YouTube Ussy Andhika. Butuh...

Asal mula masuknya Abu Bakar As-Siddiq ke agama Islam

Abu Bakar As-Siddiq adalah salah seorang sahabat nabi yang termasuk dalam As Sabiqun Al Awalun, atau orang-orang yang pertama kali masuk Islam. Beliau memiliki nama...

Kisah Julaibib ra, sahabat yang sangat dicintai Rasulullah

Rasulullah SAW pernah bersabda, "Sesungguhnya Allah tidak melihat pada bentuk rupa dan harta kalian. Akan tetapi, Allah hanyalah melihat pada hati dan amalan kalian."...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here