Lelah bekerja? Ada ayat Al-Qur’an yang membahas tentang hal ini

Lelah bekerja? Ada ayat Al-Qur’an yang membahas tentang hal ini

Jaman modern ini hampir semua hal menjadi semakin mahal. Kebanyakan dari perempuan maupun pria harus sama-sama bekerja, walaupun perempuan di sini tidak wajib melakukannya. Dalam melakukan pekerjaan seringkali badan dan pikiran terasa lelah. Tapi kalau tidak lelah bekerja juga tidak bisa mencukup kebutuhan diri sendiri maupun orang lain. Kamu yang merasakan betapa lelahnya bekerja perlu mengetahui bahwa ini dibahas dalam Al-Qur’an.

person walking holding brown leather bag
Bekerja. Foto: Unsplash

Ayat Al-Qur’an tentang lelah bekerja

Setiap prang yang bekerja dengan cara yang baik dan tujuan baik, maka ia sudah melakukan hal yang halal. Segala sesuatu perkara yang halal ini punya balasan yang baik dari Allah SWT. Kabar baik ini juga akan disampaikan melalui Al-Qur’an surat An-Najm ayat 39-41.

“Dan bahwasanya seorang manusia tidak memperoleh selain apa yang telah diusahakan-nya. Dan bahwasanya usahanya itu kelak akan di perlihatkan kepadanya. Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna”. (QS. An-Najm: 39-41).

Dari ayat tersebut dikatakan bahwa manusia akan mendapatkan apa yang diusahakan. Jika ia lelah bekerja dan ikhlas melakukannya, maka ia bisa mendapatkan balasan yang paling sempurna. Balasan tersebut tidak hanya di dunia, melainkan di akhirat. Hal yang paling penting setelah bekerja keras adalah bersyukur dan banyak mengingat Allah SWT. Perintah untuk bekerja keras ini disampaikan oleh Allah SWT dalam surat Al-Jumu’ah ayat 10.

“Apabila telah ditunaikan shalat, Maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung”. (QS. Al-Jumu’ah : 10)

Penting untuk mencari penghasilan yang halal

Sebagai seorang manusia tentu saja godaan mengenai uang ini bisa datang kapan saja. Jangan sampai memilih jalan yang salah, karena bisa berdampak buruk bagi keselamatan dunia akhirat. Jangan sampai tergoda untuk melakukan korupsi. Tidak perlu ikut-ikutan ingin hidup penuh hutang demi memenuhi gaya hidup konsumtif. Jadilah orang yang sederhana dan pakai yang sesuai dengan kemampuan.

Pada dasarnya rejeki setiap orang itu sudah diatur. Namun kadar rejeki ini bisa sangat tergantung pada usaha yang kita lakukan. Ini merupakan suatu yang bisa diubah dan diusahakan. Untuk bisa mencapainya, kita perlu berpikir dan berusaha keras. Ada orang yang yang mengalami keberuntungan dengan mendapatkan limpahan rejeki yang banyak dan pekerjaan yang ia sukai. Jika sebaliknya yang terjadi, maka kamu perlu terus bersabar dan bertawakal. Terus mencoba meskipun belum bisa berhasil, terapkan strategi lainnya sampai kamu bisa mengetahui dimana celah untuk bisa sukses secara halal.

Kabar baik lainnya untuk orang yang gemar bekerja keras adalah masuk dalam lindungan Allah SWT. Ia akan senantiasa mendapatkan petunjuk dan perlindungan dari Allah SWT. Hal tersebut sudah difirmankan Allah SWT melalui surat Al-Ankabut ayat 69. Ayat tersebut membahas tentang orang yang bekerja keras itu layaknya berjihad mencari ridha Allah SWT. Jadi usahakan untuk terus ikhlas ketika bekerja.

Baca Lainnya

Dihujat bertubi-tubi, Atta Halilintar: Nabi ku ajarkan balas dengan kebaikan

Semakin tinggi pohon, semakin kencang pula anginnya. Rasanya pepatah itu pas buat menggambarkan kehidupan Atta Halilintar. Tak hanya menerima sanjungan atas prestasinya sebagai YouTuber...

Gamis Korea, cocok bagi generasi muslimah milenial

Menggunakan busana meskipun sudah sesuai syariat Islam juga tidak boleh terlihat lusuh. Muslimah tetap perlu untuk update terhadap busana yang ada supaya bisa tampil...

Adab puasa yang baik dan perlu dijaga oleh orang muslim

Puasa juga merupakan salah satu ibadah. Dalam syari'at ajaran Agama Islam tentunya setiap ibadah memiliki adab - adabnya. Adapun urgensi menjaga adab dalam beribadah...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here