Masa depanmu ditentukan oleh habits. C membentuk habits baik?

Masa depanmu ditentukan oleh habits

Setiap bayi yang terlahir ke dunia telah diberikan takdir, baik takdir muthlaq maupun mubram. Untuk takdir muthlaq yang diberikan oleh Allah SWT seperti jenis kelamin, jodoh, umur itu memang tidak dapat diubah, namun takdir mubramnya Allah SWT masih dapat dirubah, seperti kekayaan, kepandaian, dan lain sebagainya. Meskipun telah ditetapkan oleh Allah SWT tetapi jika manusianya tidak ada usaha untuk menggapainya pun tidak akan tergapai. Hal ini sesuai dengan semboyan legendaris, “barang siapa yang berusaha keras, maka akan tergapai impiannya.” Melihat hal ini, kita masih memiliki peluang untuk merubah masa depan dengan hal yang kita impikan. Asalkan ada usaha yang maksimal dan juga doa orang tua yang menyertainya. Lalu apa habits itu?

Habits

Habits atau biasa disebut kebiasaan menjadi salah satu hal yang dapat menentukan masa depan. Orang yang memiliki kebiasaan rajin untuk membaca buku saat ini, maka ia akan mendapatkan pengetahuan yang lebih luas dibandingkan dengan orang yang tidak terbiasa membaca. Hal ini sama seperti orang yang bekerja keras siang malam maka ia akan mendapatan apa yang diinginkan. Karena itulah habits atau kebiasaan sangatlah penting. Untuk membangun kebiasaan yang baik ternyata dapat direncanakan.

Gambaran habits yang kurang baik

Kebiasaan yang kurang baik dan sangat terasa ketika remaja yakni mengulur waktu untuk mengerjakan tugas, lalai dalam mengerjakan shalat, belajar dengan SKS (Sistem Kebut Semalam), mencontek pekerjaan teman, dan lain sebagainya. Hal tersebut adalah contoh kebiasaan yang kurang baik.

Habits. Foto Instagram

Apakah habits dapat diubah?

Habits atau kebiasan tentu dapat di ubah, meskipun untuk mengubahnya kita memerlukan waktu. Hal ini karena kebiasaan itu sebetulnya didapatkan dari aktivitas yang dilakukan secara berulang-ulang. Nah sebetulnya habits dapat diubah. Ada beberapa tips dan trick untuk membangun kebiasaan yang baik di antaranya

  1. Buatlah jadwal aktivitas sehari-hari. Hal ini karena jadwal aktivitas sehari-hari dapat membantu memantau kegiatan sehari-hari.
  2. Memasang alarm pada setiap kegiatan. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah menggunakan alarm. Jadi sebelum memulai kegiatan, kita harus menyusun waktu yang akan dihabiskan.
  3. Membuat prioritas kegiatan. Langkah terakhir untuk membangun habits atau kebiasaan yakni dengan menentukan prioritas sehingga kita akan mendahulukan kegiatan tersebut dibandingkan dengan yang lainnya. Cukup buat maksimal 4 prioritas saja, ini karena terlalu banyak prioritas pun terkadang akan membuat diri sendiri bingung bagaimana mengatur waktu untuk yang lainnya.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Muslima (TCT)

Baca Lainnya

Dihujat bertubi-tubi, Atta Halilintar: Nabi ku ajarkan balas dengan kebaikan

Semakin tinggi pohon, semakin kencang pula anginnya. Rasanya pepatah itu pas buat menggambarkan kehidupan Atta Halilintar. Tak hanya menerima sanjungan atas prestasinya sebagai YouTuber...

Gamis Korea, cocok bagi generasi muslimah milenial

Menggunakan busana meskipun sudah sesuai syariat Islam juga tidak boleh terlihat lusuh. Muslimah tetap perlu untuk update terhadap busana yang ada supaya bisa tampil...

Adab puasa yang baik dan perlu dijaga oleh orang muslim

Puasa juga merupakan salah satu ibadah. Dalam syari'at ajaran Agama Islam tentunya setiap ibadah memiliki adab - adabnya. Adapun urgensi menjaga adab dalam beribadah...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here