Masyaallah, berhasil lewati masa kritis Covid-19 karena keajaiban sedekah

Ilustrasi Keajaiban sedekah.
Ilustrasi Keajaiban sedekah.

Seperti yang kita tahu, banyak keutamaan dari bersedekah. Sedekah bisa dilakukan kapan pun, sesuai kemampuan masing-masing. Ada kisah menyentuh tentang seorang pasien Covid-19 yang berhasil melewati masa kritis lewat keajaiban sedekah.

Naniek S Deyang melalui unggahan di akun Facebook -nya beberapa waktu lalu bercerita tentang perjuangannya sembuh dari Covid-19. Dia berbagi kisah tentang keajaiban sedekah.

Keajaiban sedekah

Naniek menceritakan kondisinya saat mengidap Covid-19 pada Ramadan yang lalu. Dia hanya bisa terbaring lemah dengan berbagai alat medis di tubuhnya.”Tidak ada yg bisa saya lakukan, jangankan shalat, untuk menggerakkan bibir pun susah, karena bibir saya sudah luka terpapar oksigen yg terus menerus tdk lepas,” tulisnya.

Dia lalu mengingat janji Allah SWT tentang sedekah, “Ya Rab saya pernah membaca bahwa sedekah akan menolong hambaMU, hamba ingin janjiMu itu ya Rab, meski hampir tiap hari bersedekah saya belum melihat janjiMu utk hambaMu ini.”

Saat kondisinya susah, Naniek berpikir Allah ingin dia lebih banyak bersedekah. Maka dia meminta keluarga untuk menggunakan uang miliknya untuk memberi makan kaum dhuafa dan para nakes yang merawatnya setiap hari.

Nakes di Rumah sakit. Foto: Unsplash
Nakes di Rumah sakit. Foto: Unsplash

Keajaiban sedekah mulai terjadi. Saturasi oksigen Naniek mulai membaik, meski dia masih menggunakan mesin oksigen. Harapan utk hidup saya berlanjut makin membuncah, saya makin meminta keluarga terus bersedekah dalam jumlah yg lebih banyak, dan semua para Nakes terkejut, saya yg menolak pakai ventilator (saya harus tanda tangan), bisa peroleh saturasi di posisi di atas 95 sampai 100. Padahal di ruang isolasi saya termasuk kelas berat dan harus pakai ventilator (tapi saya menolak pakai ventilator),” lanjutnya.

Dia pun meneruskan sedekah saat Idul Fitri. Saat saya dinyatakan negative dan bisa pindah ke ruang HCU, saya minta keluarga terus bersedekah, hingga pindah di ruang biasa, dan sampai keluar di RS”

Selepas sembuh, dia meneruskan sedekah kepada para anak yatim dan membahagiakan mereka. Saat saya sedekah “ugal-ugalan” tersebut, saya hanya berpikir, saya kalau sehat bisa mencari lagi, tapi kalau saya mati, saya tdk bisa berbuat kebaikan.”

Dia pun tidak pernah mencari tahu berapa biaya yang sudah dia keluarkan untuk sedekah. “Karena saat sakit yg berat itu, sejatinya Anda nanti akan mengetahui bahwa “harta itu tdk berarti”, namun akan berarti saat kita bagikan, karena akhirnya kita melihat “janji Allah ternyata benar”! Sedekah akan menyelamatkan kita!” sambungnya.

Setelah dia sembuh, semua dokter yang merawatnya mengatakan kalau semua pasien yang kondisinya sama dengan Naniek, tidak mampu bertahan. “Saya yg kormobid darah tinggi, obesitas, dll, namun tanpa ventilator Alhamdulillah diberi kesempatan Allah SWT utk sembuh, meski hampir dua bulan harus meringkuk di RS. Saya bilang ke semua dokter dan Nakes, itu  semua karena kekuatan sedekah dan doa keluarga serta doa jutaan teman2 di dunia maya dan nyata.”

Dia pun memuji kebesaran Allah, “Ya Rab, kebenaran janjiMU bahwa “sedekah akan bisa menyelamatkan.”

Keutamaan bersedekah

Sedekah bisa dibilang membawa keajaiban. Keutamaan sedekah menurut Al-Quran dan hadist di antaranya:

Harta dan pahala berlipat ganda

Keutamaan bersedekah tercantum dalam Al-Quran.“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki  maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahala) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al-Hadid: 18). 

Keajaiban sedekah, tidak akan mengurangi harta tapi justru melipatgandakannya. “Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai. Pada tiap tangkai ada seratu biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha Mengetahui.”(QS. Al Baqarah: 261). 

Mencegah kematian buruk

Rasulullah SAW bersabda,“Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk, Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri.”(HR. Thabrani). 

Penghapus dosa

Dengan sedekah, Allah SWTakan menghapus dosa-dosa hamba-Nya. Rasulullah Saw bersabda, “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi). 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here