Membaca Ayat Kursi sebelum tidur sangatlah bermanfaat inilah 3 keutamaannya

Alquran. Foto: Unsplash
Alquran. Foto: Unsplash

Membaca Al-Qur’an sebelum tidur itu sangatlah banyak sekali manfaatnya. Apalagi membaca surat surat yang agung, atau yang disunahkan untuk dibaca sebelum tidur. Contohnya adalah ayat kursi ini. Ayat kursi memiliki nama lainnya adalah ayat singgasana. Ayat ini termasuk ayat yang paling agung di dalam Al-Qur’an.

Kenapa sih sebelum kita tidur disunahkan untuk membaca ayat kursi ini ?
Apa manfaat yang kita peroleh dengan membaca ayat kursi sebelum tidur? Berikut ini kita telaah pembahasannya.

1. Menjadikan hati kita, tenang saat membaca ayat kursi sebelum tidur

Ketika seorang yang terkena musibah, hatinya akan berantakan. Atau hatinya akan tidak tenang terus. Ketika malam datang ia pun tidak bisa tidur. Dengan membaca ayat kursi ini akan membuat hatinya menjadi tenang. Dan akhirnya ia pun bisa tertidur dengan nyenyak.

2. Menjadikan diri kita, disiplin

Ketika kita membaca ayat kursi dan sering membacanya. Diri kita akan menjadi disiplin dan jarang untuk kita tidak disiplin. Membaca ayat kursi dan memahami isinya, membuat kita sadar. Menyadari bahwa sebagai manusia kita memiliki keterbatasan. Karena sesudah memahami, sudah tahu kerugian apabila berlaku bermalas-malasan, maka kita akan bergegas dan berdisiplin menyelesaikan segala tugas.

3. Mendapatkan perlindungan dari Allah SWT

Ketika kita membaca doa membaca Al Qur’an dan membaca selawat, kita akan dilindungi oleh Allah SWT. Karena Allah Tahu hambaNya memerlukan perlindunganNya. Mengapa sih membaca ayat kursi dapat melindungi kita ? Dalam suatu hadis, Rasulullah menyampaikan bahwa

“Apabila engkau mendatangi tempat tidur (pada malam hari) maka bacalah ayat kursi, niscaya Allah SWT akan senantiasa Menjagamu, dan setan tīdak akan mendekatimu hingga waktu pagi.” (HR. Bukhari).

Dari hadis tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa ketika kita berdoa dan membaca Al-Qur’an, kita akan di lindungi dari Setan setan yang terkutuk dan dari orang orang yang nggak jelas.

Ayat kursi surat yang agung untuk dibaca sebelum tidur

Demikianlah ayat kursi, surat agung yang memiliki banyak keutamaan. Marilah kita hapalkan dan hayati artinya, maka kita akan mendapatkan banyak manfaat.

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

(Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim)

Artinya:

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Muslima (TCT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here