Peranan Abu Bakar As Siddiq yang sangat mencintai Islam

Peranan Abu Bakar As Siddiq yang sangat mencintai Islam

Abu bakar As Siddiq adalah sahabat Rasulullah sejak sebelum masa kenabian. Setelah Rasulullah diangkat sebagai nabi, Abu bakar As Siddiq dengan segera dan tanpa ragu-ragu masuk Islam.
Bagaimanakah peranan Abu bakar As Siddiq, sehingga kedudukan beliau lebih tinggi daripada syahid. Sebagaimana termaktub pada ada firman Allah Q.S. An Nisa:69
“Dan barangsiapa yang mentaati Allah dan Rasul(Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: Nabi-nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.”

Peranan Abu Bakar RA

Menurut para ulama, Siddiq adalah orang yang menerima Islam dengan segera tanpa penolakan atau keraguan. Seperti itulah sayyidina Abu Bakar RA.

Kaum kafir setiap hari menyiksa para mualaf yang baru masuk Islam. Sebagai contoh Kabbab RA yang dipanggang diatas nyala api, dan dengan diletakkan bebatuan di atas tubuhnya sehingga dia tidak bisa menghindar. Demikian juga Bilal bin Rabah RA yang dijemur dibawah matahari di padang pasir yang sangat panas, dengan batu besar diletakkan pada dadanya, dan lehernya pun diikat.
Semua itu dimaksudkan agar mereka kembali menyembah berhala, Latta dan Uzza.

Abu Bakar RA membeli Kabbab RA, Bilal RA dan beberapa budak yang disiksa karena masuk Islam. Abu Bakar merawat luka luka mereka, dan membebaskan mereka dari perbudakan. Sayyidina Abu Bakar juga mempengaruhi banyak teman maupun kenalan untuk masuk Islam.

Sahabat nabi ini juga memiliki pemahaman Alquran yang sangat mendalam. Pada saat Rasulullah wafat, para sahabat dan pengikut banyak mengalami kebingungan. Semua merasa kehilangan, tidak rela, ada yang tidak percaya.
Abu Bakar pun membacakan ayat Ali Imron 144:
“Muhammad itu tidak lain hanyalah seorang Rasul, sungguh telah berlalu sebelumnya beberapa orang Rasul. Apakah jika dia wafat atau dibunuh kamu berbalik ke belakang (murtad)? Barangsiapa yang berbalik ke belakang, maka ia tidak dapat mendatangkan mudharat kepada Allah sedikitpun; dan Allah akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur.”
Ayat tersebut menyadarkan para sahabat Rasulullah.

Peranan Abu Bakar RA Mempertahankan zakat sebagai salah satu pilar Islam

Setelah wafatnya Rasulullah, banyak kaum Islam yang menolak membayar zakat. Semula para sahabat menolak untuk memerangi mereka: “Apakah kamu ingin membunuh mereka yang salat, puasa dan melaksanakan haji?”

Abu Bakar mengatakan: “jika mereka keberatan untuk membayar zakat, maka mereka sudah keluar dari naungan atau lingkungan Islam.”
Demikianlah maka membayar zakat dapat dilestarikan hingga sampai saat ini.

Berhati-hati saat mendapat amanah kekuasaan

Sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Aseer, sebelum meninggal, Abu Bakar RA menanyakan barang baru apa saja yang telah beliau kumpulkan semenjak menjadi khalifah.

Jawabnya ada 3 barang baru saja, yaitu :

  1. Seekor unta yang digunakan untuk mengambil air
  2. Seorang budak untuk mengasuh anak dan mengasah pedang umat muslim
  3. 1 potong kain seharga kurang dari 1 Saudi riyal sekarang

Maka Abu Bakar berwasiat untuk menyerah terimakan barang tersebut kepada khalifah berikutnya setelah kematiannya.
Hingga Khalifah Umar yang menerimanya setelah Abu Bakar wafat, menangis berkali-kali dan mengatakan. “Wahai Abu Bakar RA kamu telah membuat tugas penggantimu menjadi sangat sulit, dengan keteladanan yang luar biasa dari mu ini.”
Demikianlah kehati-hatian Abu Bakar Sebagai pemegang jabatan publik, yang sangat patut diperhatikan oleh siapapun yang memegang jabatan publik juga.

Demikianlah sekelumit peranan Abu Bakar, yang Semoga dapat menjadi suri tauladan bagi kita. Untuk hal inspiratif lainnya, silahkan follow  Muslima. (TCT)

Baca Lainnya

Dihujat bertubi-tubi, Atta Halilintar: Nabi ku ajarkan balas dengan kebaikan

Semakin tinggi pohon, semakin kencang pula anginnya. Rasanya pepatah itu pas buat menggambarkan kehidupan Atta Halilintar. Tak hanya menerima sanjungan atas prestasinya sebagai YouTuber...

Sepatu flat sekarang banyak macamnya dan gak boring

Sebagian besar ulama masih memperdebatkan masalah halal haram tentang sepatu hak tinggi. Hanya saja ulama berpendapat bahwa hukumnya adalah makruh. Sedangkan sisanya adalah haram....

Adab puasa yang baik dan perlu dijaga oleh orang muslim

Puasa juga merupakan salah satu ibadah. Dalam syari'at ajaran Agama Islam tentunya setiap ibadah memiliki adab - adabnya. Adapun urgensi menjaga adab dalam beribadah...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here