Perintah Allah, adil terhadap diri sendiri dan keutamaannya

mujahadah
mujahadah. foto: instagram.

Membahas mengenai keadilan yang sudah menjadi perintah Allah. Adil sendiri berarti dengan menempatkan sesuatu pada tempatnya sesuai dengan kadar dan ukurannya.

Semua tentang keadilan termasuk terhadap keadilan diri sendiri dengan menempatkan diri kita pada tempatnya. Namun ketahuilah bahwa ada beberapa keutamaan terhadap diri sendiri. Apa saja keutamaannya?

Adil terhadap diri sendiri bisa membuat hidup menjadi tenang

Dengan kita bisa berbuat adil terhadap diri sendiri, itu juga akan bisa menuntun kita. Menuntun untuk melakukan dan memenuhi kewajiban serta hak kita terhadap diri sendiri. Sehingga akan merasa aman dan nyaman karena telah melaksanakan kewajiban dan hal itu juga akan membuat hidup kita menjadi tenang.

Membuat hidup menjadi lebih baik

Berbuat adil terhadap diri sendiri dengan menempatkan diri kita pada tempat yang seharusnya. Seperti ketika kita mempunyai bakat dalam bidang olahraga. Jika kita berlaku adil terhadap diri sendiri maka kita akan menempatkan diri kita dalam bidang atletik. Kita akan membentuk diri untuk menjadi seorang atlet. Begitupun jika kita mempunyai bakat untuk menulis, maka jika kita berlaku adil terhadap diri sendiri. Maka kita juga akan mengembangkan minat dan bakat kita pada hal tulis-menulis. Ketika kita tahu tentang minat dan bakat kita, maka kita akan membuat hidup lebih terarah. Ini disebabkan karena kita sudah memiliki tujuan dan hal itu akan membuat kita menjadi lebih baik.

Berani dalam mengoreksi diri

Jika kita telah berlaku adil terhadap diri sendiri, maka kita akan tahu tentang semua kesalahan kita. Kita juga akan berusaha untuk membenarkan diri serta dengan segera akan meletakkan diri kita pada tempatnya. Selain itu kita juga tidak akan menyangkal mengenai kesalahan kita. Sehingga kita bisa benar-benar berani mengakui kesalahan dan berani dalam membenahi diri.

Perintah Allah tentang keadilan dapat Meningkatkan ketakwaan

Jika kita bisa adil terhadap diri sendiri, maka kita akan bisa lebih meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT, karena apa yang telah diajarkan oleh Allah dan rasulnya adalah sesuatu yang akan kita rasakan manfaatnya baik itu di dunia maupun di akhirat. Sebab, derajat manusia dihadapan Tuhannya adalah semuanya sama, kecuali ketakwaannya kepada Allah SWT.

Sangat banyak sekali manfaat jika kita bisa berlaku adil terhadap diri sendiri. Adil terhadap diri sendiri juga termasuk dalam menghargai diri sendiri lho, itu artinya jika kamu sayang sama dirimu maka berlakulah adil. Semoga bermanfaat.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Muslima (TCT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here