Punya 5 ciri ini, insyaallah kamu akan jadi wanita yang dirindukan surga

Ilustrasi wanita muslimah. Foto: Pexels
Ilustrasi wanita muslimah. Foto: Pexels

Setiap muslim pasti pengin kelak mendapat kebaikan di akhirat, salah satunya nikmat surga. Nah, ada beberapa ciri wanita yang atas izin Allah SWT akan dirindukan oleh surga.

Wanita istimewa ini dirindukan surga karena sikapnya selama di dunia. Rasulullah SAW bersabda tentang empat sikap wanita yang membuatnya diperbolehkan masuk surga melalui pintu mana pun. “Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina) dan taat pada suaminya, maka dikatakan pada wanita tersebut, “Masuklah ke surga melalui pintu manapun yang engkau suka.” (HR. Ahmad)

Selain empat hal tersebut, ada beberapa hal yang membuat seorang wanita dirindukan surga yang tertulis dalam Al-Qur’an dan hadits.

Wanita sabar

Kesabaran membawa kebaikan dunia dan akhirat. Allah berfirman dalam surat Al Ahzab ayat 35.

“Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS Al Ahzab : 35)

Mendidik anak perempuan dengan baik

Seorang wanita yang menjadi ibu lalu berhasil mendidik anak perempuannya dengan baik juga dijanjikan ganjaran surga dan dijauhkan dari api neraka.

Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang diuji dengan mendapatkan anak perempuan kemudian ia berbuat baik kepada mereka (dengan mendidiknya) maka anak perempuan itu akan menjadi penghalang baginya dari sentuhan api neraka”. (HR Bukhari dan Muslim).

Muslimah mendidik anak perempuan dengan baik. Foto; Pexels
Muslimah mendidik anak perempuan dengan baik. Foto; Pexels

Sabar saat sakit

Manusia diuji dengan rasa sakit, yang bila dihadapi dengan ikhlas akan mendapat ganjaran yang besar dari Allah SWT. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Atha’ bin Abi Rabah Radhiyallahu-anhu, yang berbunyi:

Ibnu Abbas radhiyallahu’anhu pernah bercerita kepadaku , “Ada seorang wanita yang datang ke Rasulullah SAW dan berkata, ‘Wahai Nabi, aku menderita penyakit sejenis ayan, bila penyakit itu kumat aku tidak sadar sampai membuka auratku, berdoalah kepada Allah agar menyembuhkanku.’ Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam berkata, ‘Bila kamu mau bersabar maka bagimu surga, tetapi bila tidak maka aku bisa mendoakanmu kepada Allah.’

Wanita tadi menjawab . ‘Baiklah aku bersabar, tetapi doakan agar aku tak sampai membuka aurat.’ Maka, Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam pun mendoakannya.”

Mencari ridha suami

Ridha suami atas istri merupakan salah satu cara menggapai ridha Allah dan ganjaran surga. Rasulullah pernah berkata bahwa wanita penghuni surga adalah wanita yang selalu bisa meminta ridha suaminya. (meminta maaf) saat suaminya sedang marah atau saat ia sedang marah kepada suaminya.

Amar ma’ruf nahi munkar

Dalam surah at – Taubah: 71, Allah menjelaskan bahwa siapa saja yang menjadi penolong bagi orang lain dengan menyuruh mengerjakan hal yang ma’ruf serta mencegah yang munkar, baik laki-laki maupun wanita, mereka akan diberi rahmat oleh Allah. Maka wanita yang amar ma’ruf dan nahi munkar adalah calon penghuni surga. Wallahu a’lam bish-shawab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here