Sederet tanda menurut Islam kalau kamu dan dia adalah jodoh

Sebagai umat muslim, kita tentunya yakin kalau Allah SWT sudah mengatur jodoh, rezeki dan maut seseorang. Tapi biasanya nih, bagi kamu yang jomblo, perkara jodoh seringkali jadi pertanyaan. Sebenarnya, ada sederet tanda menurut Islam terkait jodoh.

Kita tentunya pengin dong, mendapat jodoh yang terbaik. Selain berikhtiar, semakin mendekatkan diri ke Allah SWT lewat ibadah, ada beberapa tanda terkait jodoh yang disebutkan dalam Alquran. Nah, berikut beberapa tanda kalau kamu dan dia adalah jodoh menurut Islam.

Merasa tenang dan tentram

Tentunya kita ingin sosok yang menjadi suami atau istri bisa memberikan perasaan tenang. Jika kita kenal seseorang belum cukup lama tapi dengannya menemukan ketenangan, bisa jadi dia adalah jodohmu.

Seperti firman Allah SWT dalam surat Ar Rum ayat 21, yang artinya:

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.”

Ilustrasi jodoh. Foto: Pexels
Ilustrasi jodoh. Foto: Pexels

Menambah rasa syukur

Hakikat utama pernikahannya adalah untuk beribadah kepada Allah SWT. Maka dari itu penting menemukan pasangan seiman yang bisa membuat kita merasa lebih bersyukur dan mendekat kepada Sang Pencipta. Perasaan cinta untuk calon pasangan dengan mengingat Allah SWT. Seperti yang tercantum dalam surat Az Dzariyat ayat 49, yang artinya:

“Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.”

Bisa memberi perasaan senang

Siapa sih, yang enggak pengin pernikahan yang bahagia? Tanda jodoh dalam Islam selanjutnya adalah memberi perasaan senang.

Menilik Surat Al Furqan ayat 74, yang artinya: “Dan orang orang yang berkata, ‘Ya Tuhan kami anugerahkanlah kepada kami istri-istri dan keturunan sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa’.”

Baca Lainnya

Roger Danuarta belajar sholat dan ngaji atas nasihat ibunda non muslim

Baru-baru ini Roger Danuarta menceritakan perjalanan spiritualnya hingga mantap menjadi seorang muslim. Hal itu diceritakannya bersama istri, Cut Meyriska dalam kanal YouTube Ussy Andhika. Butuh...

Asal mula masuknya Abu Bakar As-Siddiq ke agama Islam

Abu Bakar As-Siddiq adalah salah seorang sahabat nabi yang termasuk dalam As Sabiqun Al Awalun, atau orang-orang yang pertama kali masuk Islam. Beliau memiliki nama...

Kisah Julaibib ra, sahabat yang sangat dicintai Rasulullah

Rasulullah SAW pernah bersabda, "Sesungguhnya Allah tidak melihat pada bentuk rupa dan harta kalian. Akan tetapi, Allah hanyalah melihat pada hati dan amalan kalian."...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here