3 Artis pakai susuk agar tenar, tobatnya insyaallah diterima dengan syarat

- Rabu, 23 Juni 2021 | 15:30 WIB
Elly Sugigi. Foto: Instagram(1)
Elly Sugigi. Foto: Instagram(1)


Di tengah kemajuan zaman, masih ada saja orang yang memakai susuk. Tujuannya bermacam-macam, dari mulai untuk penampilan hingga menunjang sukses. Tak terkecuali para artis, beberapa di antara mereka mengaku pernah pakai susuk.





Hukum memakai susuk dalam Islam jelas, yakni tergolong dosa besar dan disandingkan dengan syirik. Susuk sudah ada sejak zaman Rasulullah, yang disebut dengan At-tiwalah. Beliau bersabda: “Sesungguhnya jampi, jimat dan ‘tiwalah‘ adalah kesyirikan.” [HR.Ibnu Majah dan Ahmad]





Alhamdullilah, sederet artis yang pernah memakai susuk sudah menyadari kekeliruan mereka. Mereka pun sudah bertobat dan membuang susuk yang pernah ada di badannya. Lalu bagaimana pandangan Islam tentang tobat orang yang memakai susuk?





Ivan Gunawan





-
Ivan Gunawan. Foto: Instagram




Desainer yang kini aktif menjadi artis dan presenter, Ivan Gunawan mengaku pernah pakai susuk. Enggak tanggung-tanggung, Igun, panggilan akrabnya memasang beberapa susuk sekaligus. Di sana aku dipasangi susuk seluruh badan. Enggak kehitung deh. Malah ada yang susuknya dari berlian, untuk meningkatkan kepercayaan diri, dan popularitas," katanya kala itu, dikutip dari Tabloid Bintang.





Bukannya terlihat menawan, beberapa orang bilang kalau penampilannya justru menyeramkan. “Tetapi banyak orang yang melihatku zaman dulu mengatakan, auraku seram. Seperti ada yang gaib di belakangku.”

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Terpopuler

X