Argumen Tompi soal operasi plastik haram, di Islam ubah bentuk boleh tapi

- Jumat, 2 Juli 2021 | 12:00 WIB
Tompi. Foto: Instagram
Tompi. Foto: Instagram


Islam melarang umatnya untuk mengubah bentuk tubuh, seperti contohnya melalui operasi plastik. Hal itu tertulis dalam surat Al-Qur’an, “Dan akan aku (setan) suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka mengubahnya. (QS. An-Nisa: 119).” Tapi, tidak semua tindakan mengubah tubuh terlarang, ada beberapa yang diperbolehkan berdasarkan ketentuan syariat.





Di masa sekarang, operasi plastik bukan hal langka. Tujuannya berbagai macam, ada yang untuk memperbaiki fungsi tubuh tapi ada juga yang tujuannya untuk estetika.





Pendapat Tompi tentang operasi plastik





Seperti yang diketahui, selain sebagai penyanyi, Tompi berprofesi sebagai ahli bedah plastik ternama. Sudah banyak kalangan selebriti yang menjadi pasien dokter Tompi.





Ia pun sering mengunggah cara kerja dan hasil bedah plastik yang dilakukannya melalui media sosial. Tompi pun menyampaikan pendapatnya soal operasi plastik yang disebut haram dalam Islam.





-
Tompi. Foto: Suara.com




Dia menganalogikan operasi plastik seperti memperbaiki struktur gigi dengan pakai behel. Tujuan hal itu menurutnya untuk mengoreksi estetika wajah agar lebih baik. "Gampang banget jelasinnya, gue kasih analogi. Kebetulan gue Islam, lo (Desta) dan Vincent juga. Hukumnya juga pasti. Kalau lo punya anak giginya maju biasanya diapain? Pasang behel kan untuk memperbaiki, setelah itu fungsi hidupnya lebih baik," katanya dalam kanal YouTube Vincent dan Desta.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Terpopuler

X