Dokter Grand bagikan fakta dan opini tentang vaksin ke-3 Moderna

- Selasa, 13 Juli 2021 | 12:00 WIB
dokter grand
dokter grand


Di tengah-tengah munculnya banyak varian Covid-19 pemerintah semakin menggalakkan program vaksin. Jika dahulu hanya disarankan penyuntikan vaksin sebanyak 2 kali, muncul penelitian yang membuktikan vaksin ketiga bisa membantu meningkatkan efektivitas dalam membentuk antibodi terhadap varian delta sekalipun. Bagi kamu yang masih ragu-ragu dengan vaksin ke-3 perlu mengetahui apa fakta dan opini yang diberikan oleh Dokter Grand.





-
Dokter Grand. Foto: TikTok




Sejumlah fakta mengenai vaksin Moderna dan perusahaannya





Vaksin ada bermacam-macam jenisnya seperti Sinovac, AstraZeneca maupun Moderna. Di tengah-tengah kemunculan varian baru seperti delta, sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa menggunakan 1 jenis vaksin kurang efektif. Penting untuk menambahkan vaksin ketiga dengan menggunakan jenis yang berbeda. Misalkan saja setelah disuntik vaksin Sinovac sebanyak 2 kali, maka perlu dilakukan vaksin ketiga dengan menggunakan Moderna. Sudah terdapat 1 buah penelitian yang membuktikan mampu melawan varian delta secara efektif dengan tingkat efektivitas sebanyak 94,1%. Dokter Grand mengulik habis tentang fakta yang dijelaskan di balik perusahaan dan vaksin Moderna.





Moderna sendiri dibuat dari salinan mRNA virus Covid-19. Perusahaan itu sendiri pada tahun 2020 berhasil meraup keuntungan sebesar $803 juta yang bila dikonversikan ke rupiah maka nilainya akan menjadi Rp 11.7 triliun. Berkat produk mereka yang bergerak di bidang pencegahan Covid-19, membuat nilai saham 1 tahun terakhir meningkat sebanyak 224,34%. Jadi ketika berinvestasi 100 juta, maka dalam setahun nilainya bertambah menjadi 300 juta.





"Bisa dibayangkan kalau 10 miliar jadi wow. Sudahlah tidak perlu dipikir, jumlahnya terlalu banyak," lanjut dokter.





Proses penelitian tersebut dilakukan di Amerika Serikat yang mana punya varian Covid-19 yang lebih lengkap seperti Alfa, Beta, Gamma, dan Delta. Masalahnya yang melakukan pengujian adalah salah satu ilmuwan dari pihak Moderna. Penting sekali dilakukan penelitian lebih lanjut untuk bisa mendapatkan informasi yang lebih mendetail.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Terpopuler

X