Terapkan sikap Husnudzon atau prasangka baik agar tercipta hidup damai

Terapkan sikap Husnudzon atau prasangka baik agar tercipta hidup damai

Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak terlepas dari kehidupan manusia yang lainnya. Sudah menjadi fitrah manusia untuk melakukan interaksi sosial. Setiap manusia saling membutuhkan satu sama lainnya. Namun, seringkali dari kita mempunyai hubungan yang tidak baik dengan orang lain. Entah karena masalah internal maupun eksternal. Ketika hubungan kita dengan orang lain mulai bermasalah, maka yang harus kita lakukan adalah memunculkan prasangka baik terhadap orang lain. Prasangka baik tersebut sering kita sebut Husnudzon.

Secara bahasa kata Husnudzon berasal dari bahasa Arab “husnu yang berarti baik dan az.-zan yang berarti prasangka. Dari kedua kata ini Husnudzon dapat diartikan sebagai baik sangka atau berprasangka baik. Secara istilah Husnudzon memiliki maksud sikap mental dan cara pandang yang menyebabkan seseorang melihat sesuatu secara positif atau melihat dari sisi positif.

Kata Husnudzon berlawanan dengan kata Suudzon yang artinya berburuk sangka terhadap orang lain.

Dalam Islam sikap Husnudzon terbagi menjadi tiga, yaitu Husnudzon kepada Allah SWT, Husnudzon kepada diri sendiri, dan Husnudzon kepada orang lain. Husnudzon pada ketiganya akan mengantarkan hidup kita menuju kehidupan yang indah, bermakna, dan bercahaya.

Sebaliknya, seseorang yang pikirannya senantiasa dijejali oleh sikap suudzon akan memandang sesuatu selalu jelek. Seolah-olah tidak ada sedikitpun kebaikan dalam pandangannya. Pikirannya telah dijejali oleh sikap yang menganggap orang lain lebih rendah dari dirinya. Perhatikan Firman Allah SWT yang artinya sebagai berikut.

“Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang mengunjing sebagian yang lain. Apakah ada sebagian kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan  bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima Tobat Lagi Maha Penyayang.”
(Q.S. Al-Hujuraat/49:12) 

Macam-macam Husnudzon

Husnudzon terhadap Allah SWT

Sikap Husnudzon terhadap Allah SWT merupakan hal terpenting yang harus tertanam di hati seorang muslim. Husnudzon terhadap Allah adalah berbaik sangka kepada Allah atas apa yang kita hadapi saat ini di kehidupan kita. Saat Allah menetapkan sesuatu pada kita ada kalanya kita merasa tidak cocok dengan ketetapan tersebut. Meskipun demikian kita harus senantiasa mengedepankan pasangka baik terhadap Allah. Hal ini dikarenakan kita tidak mengetahui apa hikmah yang bisa kita ambil dari kejadian tersebut

Husnudzon terhadap diri sendiri

Husnudzon terhadap diri sendiri berarti berprasangka baik kepada diri sendri. Menerima apa adanya serta berbaik sangka kepada Allah SWT dengan tidak menyesali keadaan. Adanya cobaan misalnya kekurangan harta, benda, bahkan fisik dan sebagainya kita harus tetap bersyukur kepada Allah SWT yang telah menciptakan makhluknya dengan sebaik-baknya. Sikap yang menunjukkah husnudzon terhadap diri sendiri adalah semangat menjalani hidup dengan penuh rasa syukur.

Hijab ⚫⚪
Interaksi sosial. Foto: Pinterest

Husnuzon terhadap sesama manusia

Husnudzon teradap sesama manusia adalah sikap yang selalu berpikir dan berprasangka baik kepada sesama manusia. Sikap ini ditunjukkan dengan berpikir positif, saling menyayangi, dan sikap hormat kepada sesama tanpa ada rasa curiga, iri, dengki, dan perasaan tidak senang tanpa alasan yang jelas.

Untuk ulasan hal inspiratif lainnya, silahkan follow Muslima (TCT)

Baca Lainnya

Dihujat bertubi-tubi, Atta Halilintar: Nabi ku ajarkan balas dengan kebaikan

Semakin tinggi pohon, semakin kencang pula anginnya. Rasanya pepatah itu pas buat menggambarkan kehidupan Atta Halilintar. Tak hanya menerima sanjungan atas prestasinya sebagai YouTuber...

Sepatu flat sekarang banyak macamnya dan gak boring

Sebagian besar ulama masih memperdebatkan masalah halal haram tentang sepatu hak tinggi. Hanya saja ulama berpendapat bahwa hukumnya adalah makruh. Sedangkan sisanya adalah haram....

Adab puasa yang baik dan perlu dijaga oleh orang muslim

Puasa juga merupakan salah satu ibadah. Dalam syari'at ajaran Agama Islam tentunya setiap ibadah memiliki adab - adabnya. Adapun urgensi menjaga adab dalam beribadah...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here